Kapankah Waktu Terbaik Untuk Memulai Olahraga Setelah Sakit?

DokterSehat.Com – Belakangan ini cuaca sedang sangat tidak bersahabat bagi tubuh kita dimana banyak sekali perubahan cuaca yang sangat mendadak. Hal ini tentu bisa memicu penurunan kondisi tubuh sehingga kita pun mudah terkena sakit flu atau bahkan demam. Mendapatkan penyakit seperti flu dan demam berarti kita harus lebih bijak dalam merawat tubuh dan sebaiknya mendapatkan waktu istirahat yang jauh lebih banyak. Banyak orang yang bahkan rela melewatkan waktu olahraga atau berbagai aktifitas fisik lain demi mendapatkan tubuh yang pulih dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan karena jika kita memaksakan diri untuk beraktifitas fisik namun tubuh belum benar-benar fit, maka bisa jadi kita akan jatuh sakit lagi karena tubuh yang terlalu lelah. Lantas, kapankah waktu yang paling tepat untuk olahraga kembali setelah sakit?

doktersehat-lari-jogging

Pakar kesehatan menyebutkan jika idealnya kita beristirahat total agar tubuh segera pulih dari beragai macam penyakit. Sebagai contoh, jika kita mengalami demam, maka kita pun harus beristirahat total dan baru diperbolehkan melakukan olahraga setelah dua hari kita benar-benar sembuh dari demam. Dengan waktu tidur yang cukup banyak, kita akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memfokuskan energinya pada penanganan penyakit layaknya pemusnahan bakteri, virus, atau kuman penyebab penyakit. Selain itu, tubuh juga membutuhkan waktu untuk memulihkan diri dari infeksi atau peradangan. Karena alasan inilah kita sebaiknya tidak berolahraga terlebih dahulu dikala sakit atau saat baru saja pulih dari sakit. Jika tubuh sudah mulai pulih, maka ada baiknya kita mengurangi latihan fisik yang cukup intens layaknya jogging atau latihan kardio hingga 30 persen. Bahkan, penderita demam saja baru diperbolehkan memulai aktifitas fisik setidaknya dua hari setelah demamnya benar-benar hilang.

Baca Juga:  Susu Tanpa Lemak Bisa Memicu Diabetes?

Sebelum memulai latihan kardio atau olahraga yang cukup intens lainnya dengan beart, maka kita bisa melakukan latihan ringan 20 hingga 30 menit saja dalam sehari. Dengan latihan ringan ini, maka tubuh akan tetap bergerak dan mendapatkan oksigen dengan cukup tanpa mengganggu proses pemulihan tubuh. Lakukan tips ini hingga badan benar-benar merasa bugar untuk melakukan olahraga yang intens di kemudian hari.