Kapankah Waktu Terbaik Untuk Keramas?

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan rambut sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Pakar kecantikan pun selalu menekankan pentingnya memakai shampoo secara rutin agar rambut kita pun menjadi lebih bersih, lebih sehat, dan lebih mudah ditata. Sayangnya, kebanyakan dari kita masih belum mengetahui kapankah waktu terbaik untuk melakukan keramas atau seberapa sering frekuensi keramas yang dianjurkan. Ada orang yang harus melakukan keramas setiap hari dan ada juga yang membiarkan rambutnya tidak terkena shampoo hingga seminggu. Manakah waktu yang paling tepat untuk berkeramas?

doktersehat-mandi

Setiap orang ternyata memiliki karakteristik yang berbeda-beda baik dalam hal aktivitas sehari-hari sekaligus produksi sebum pada rambutnya. Sebum sendiri adalah minyak alamiah yang ada pada rambut anda. Produksi sebum sendiri ternyata banyak dipengaruhi oleh faktor genetik dan juga banyaknya hormon yang aktif dalam merawat rambut. Sebagai contoh, di masa remaja kita akan cenderung mengalami produksi yang sangat banyak dan terkadang berlebihan yang bahkan bisa mempengaruhi minyak dan jerawat pada wajah.

Produksi sebum yang berbeda-beda inilah yang membuat setiap orang memiliki waktu ideal yang berbeda-beda untuk berkeramas. Hanya saja, ada baiknya anda tidak berkeramas setiap hari atau lebih sering dari frekuensi tersebut. bagaimana tidak, jika kita mencuci rambut setiap hari, maka minyak rambut alami juga akan ikut terus menghilang bersamaan dengan kotoran dan sel kulit mati. Kulit kepala pun akan cenderung jauh lebih kering yang tentu akan kurang sehat bagi rambut.

Hanya saja, jika anda termasuk dalam orang yang melakukan kegiatan di luar ruangan dengan sangat aktif dan terlibat sangat banyak dengan kotoran, debu, dan juga sianran matahari, maka kulit kepal pun akan cenderung sangat gatal sehingga anda pun sebaiknya harus mencucinya dengan bersih dengan frekuensi yang cukup sering.