Kapankah Waktu Terbaik Untuk Berolahraga di Bulan Puasa?

DokterSehat.Com – Karena tidak adanya asupan makanan atau minuman apapun, cukup banyak orang yang memilih untuk tidak melakukan olahraga karena takut jika tubuhnya nanti akan lemas sehingga tidak bisa melakukan berbagai aktifitas lainnya. Padahal, menurut pakar kesehatan, kita masih bisa melakukan olahraga di bulan puasa jika tetap ingin membuat tubuh bugar atau menjaga berat badan. Sebenarnya, kapankah waktu yang paling tepat untuk berolahraga di bulan puasa?

doktersehat-olahraga-gym-sehat

Dr. Alia Basalamah yang berasal dari Fitness First Indonesia menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan puasa ternyata tidak di pagi hari dimana kita masih dalam kondisi segar dan perut masih terasa kenyang. Menurut beliau, ada baiknya kita justru melakukan olahraga sekitar 30 menit atau 1 jam sebelum berbuka puasa dan sekitar 60 menit setelah kita berbuka. Dengan melakukan olahraga sebelum berbuka, tubuh yang terasa lelah atau haus setelah melakukannya bisa segera mendapatkan asupan makanan atau minuman. Kita pun tidak akan beresiko terkena masalah dehidrasi.

Bagi sebagian orang yang masih dalam perjalanan dari tempat kerja atau sibuk mempersiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa, melakukan olahraga sebelum berbuka tentu akan sulit untuk dilakukan. Beruntung, dr. Alia menyebutkan bahwa kita bisa melakukannya setelah berbuka, dengan catatan, kita tidak mengkonsumsi minuman atau makanan berlebihan yang bisa membuat perut terasa tidak nyaman.

Sebenarnya, ada perbedaan olahraga saat sebelum atau setelah berbuka. Saat sebelum berbuka, intensitas olahraga yang kita lakukan biasanya cenderung lebih rendah daripada setelah berbuka. Hal ini disebabkan karena saat sebelum berbuka, tubuh masih belum mendapatkan asupan makanan dan minuman apapun. Hal ini tentu berbeda dengan kondisi setelah berbuka dimana tubuh telah terhidrasi dengan baik.

Baca Juga:  Olahraga Ini Cocok Dilakukan di Bulan Puasa

Dr. Alia menyarankan olahraga dengan intensitas ringan layaknya berenang sebelum berbuka. Namun, kita juga bisa melakukan jalan kaki atau jogging ringan yang yang bisa membuat kita tetap sehat selama bulan puasa.