Kapankah Waktu Terbaik Meminum Kopi?

DokterSehat.Com – Kopi adalah salah satu minuman yang sangat populer dan dinikmati oleh banyak sekali masyarakat. Dengan mengkonsumsi kopi, tubuh akan mendapatkan efek jauh lebih segar dan bersemangat sehingga tubuh pun akan lebih baik dalam melakukan berbagai aktifitas harian. Karena alasan inilah banyak orang yang mengkonsumsi kopi di pagi hari dengan harapan tubuhnya menjadi lebih fit dan lebih bugar. Sayangnya, pakar kesehatan justru berkata bahwa kebiasaan meminum kopi di pagi hari justru tidak akan memberikan efek signifikan bagi kebugaran tubuh.



Di pagi hari, tubuh akan memiliki hormon kortisol dalam jumlah yang cukup tinggi. Hormon yang kerap disebut sebagai hormon stress ini akan membuat mata menjadi lebih segar dan lebih waspada. Hal ini berarti, adanya asupan tambahan yang dianggap sebagai penambah kesegaran atau energi layaknya kopi akan menjadi hal yang percuma karena otak dan tubuh sudah dalam kondisi yang siap sedia melakukan banyak aktifitas. Selain itu, kopi yang diminum di pagi hari ternyata juga akan kurang baik bagi tubuh karena tubuh akan terpancing untuk memproduksi hormon kortisol. Hal ini berarti, di masa depan, tubuh justru akan terasa lesu jika kita tidak meminum kopi karena produksi hormon kortisol baru bisa dilakukan setelah kita mengkonsumsi kopi.

Meminum kopi pada jam-jam layaknya jam 7 hingga jam 9 pagi masih belum ideal untuk dilakukan karena di jam-jam itulah hormon kortisol sedang berada dalam level tertinggi. Jika kita ingin tetap menjaga tubuh segar seharian, pakar kesehatan justru merekomendasikan jam 10 atau jam 11 sebagai waktu paling tepat untuk meminum kopi. Bagaimana tidak, saat inilah hormon kortisol akan menurun dengan signifikan dan tubuh pun akan cenderung lebih lesu dan lemas. Asupan kopi tentu akan membuat tubuh menjadi tetap terjaga dan segar dalam melakukan aktifitas harian.

Baca Juga:  Bahaya Jarang Membersihkan Pusar

Selain pada jam-jam tersebut, waktu satu hingga dua jam setelah waktu makan siang juga menjadi waktu dimana tubuh akan cenderung lesu dan mengantuk sehingga kita pun menjadi tidak produktif. Jam dua hingga jam lima sore akan menjadi waktu yang tepat untuk kembali mengkonsumsi kopi. Satu hal yang harus diingat adalah, jika anda mengkonsumsi kopi di malam hari, bisa jadi anda justru akan kesulitan untuk beristirahat malam sehingga ada baiknya anda tidak meminum kopi setelah matahari tenggelam.