Kapankah Waktu Terbaik Bagi Wanita yang Mengalami Keguguran Untuk Hamil Kembali?

DokterSehat.Com – Keguguran adalah salah satu fase kehidupan yang sangat buruk bagi siapapun, khususnya bagi ibu yang sangat mengharapkan keturunan. Dalam beberapa kasus, keguguran bahkan bisa menyebabkan trauma sehingga seorang wanita merasa ketakutan untuk hamil kembali. Sebuah pertanyaan pun muncul, kapankah sebenarnya waktu yang paling tepat agar wanita yang pernah mengalami keguguran untuk dapat hamil kembali?

doktersehat-hamil-wanita

Hamil kembali setelah mengalami keguguran jelas membutuhkan kesiapan mental dan fisik yang sangat baik. Namun, sebenarnya, pakar kesehatan menyebutkan jika tiga bulan setelah mengalami keguguran adalah waktu yang paling baik untuk segera hamil kembali. Saran ini sendiri didapatkan dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa waktu ini adalah waktu yang terbaik untuk hamil kembali.

Penelitian yang dirilis oleh jurnal Obstretics & Gynecology ini sendiri melibatkan 998 wanita yang pernah mengalami keguguran saat usia kehamilannya kurang dari 20 minggu atau sekitar sebelum lima bulan. Para wanita tersebut kemudian dicek kondisi kesehatannya terus menerus hingga enam kali siklus menstruasi setelah keguguran didapatkan dan kemudian hamil kembali, khususnya pada usia, indeks massa tubuh, kebiasaan layaknya merokok atau mengkonsumsi alkohol, dan lain sebagainya. Hasilnya adalah, mereka yang segera hamil kembali dalam waktu kurang dari tiga bulan setelah mengalami fase keguguran justru akan memiliki rasio keberhasilan melahirkan hingga 53,2 persen. Sementara itu, mereka yang menunggu lebih lama dari tiga bulan, rasio keberhasilan melahirkan anak justru menurun hingga 36,1 persen.

Pakar kesehatan Enrique Schisterman menyebutkan jika wanita tentu harus mempersiapkan fisik dan mental, khususnya secara emosional karena jika secara emosi masih ada trauma atau belum benar-benar siap, dikhawatirkan justru kesehatan kehamilan bisa terganggu. Persiapkan psikologis dengan baik dan segeralah hamil kembali setelah mengalami keguguran jika memang ingin segera mendapatkan keturunan.