Kapankah Kita Sebaiknya Mengkonsumsi Yoghurt?

DokterSehat.Com – Meskipun dikenal sebagai minuman yang sehat, dalam realitanya yoghurt masih belum benar-benar dikenal secara luas oleh masyarakat. Memang, banyak masyarakat perkotaan modern yang sudah mulai mengkonsumsi minuman yang baik bagi tubuh dan pencernaan ini, namun, bagi masyarakat pedesaan, minuman yoghurt bahkan mungkin sangat jarang tersedia. Selain karena belum benar-benar dikenal oleh masyarakat secara umum, yoghurt yang cenderung terasa sangat asam juga membuat banyak orang tidak begitu meminatinya.

doktersehat-yoghurt-breakfast-jantung-oatmeal

Meskipun terasa asam, pakar kesehatan sangat menyarankan konsumsi yoghurt setiap hari. Ahli gizi yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bernama dr. Marya Haryono, Mgizi, SpGK, mengungkapkan fakta bahwa yoghurt adalah minuman sehat yang bisa dikonsumsi kapanpun, dimanapun. Dengan rutin mengkonsumsi yoghurt, maka kita akan mendapatkan berbagai macam nutrisi yang baik, khususnya kalsium yang tentu akan berimbas baik pada kesehatan tulang, hingga membantu menyeimbangkan berat badan. Selain itu, konsumsi yoghurt dengan rutin juga akan membuat kesehatan saluran pencernaan kita terjaga.

Meskipun bisa dikonsumsi kapan saja, banyak pakar kesehatan yang menyarankan konsumsi yoghurt setelah makan yang diyakini akan sangat membantu tubuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang sangat berbahaya bagi kesehatan organ-organ kardiovaskular layaknya jantung maupun pembuluh darah. Selain itu, jika kita melakukan perjalanan jauh, maka kita bisa mengkonsumsi yoghurt untuk mencegah munculnya penyakit diare atau masalah pencernaan lainnya.

Mendapatkan yoghurt pun kini tidak lagi sesulit jaman dahulu. Telah banyak toko-toko yang menyediakan berbagai macam minuman termasuk diantaranya adalah yoghurt dengan harga yang cenderung terjangkau. Dengan berbagai macam khasiat baik yang ditawarkan oleh minuman yang terasa asam ini, apakah anda yakin tidak mau mengkonsumsi yoghurt dengan rutin?