Kapankah Kita Harus Rajin-Rajin Mencuci Tangan?

DokterSehat.Com – Mencuci tangan adalah salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, sebagian besar masyarakat masih menyepelekan aktifitas ini dan bisa saja tetap cuek memakan makanan meskipun baru saja menyentuh banyak benda yang tidak bersih. Tahukah anda, dalam telapak tangan anda bisa terdapat lebih dari lima ribu kuman yang tentu akan sangat berbahaya jika ikut masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi. Kita tentu harus rajin-rajin mencuci tangan kita, khususnya saat kita melakukan aktifitas sebagai berikut.

doktersehat-tangan-kapalan

Aktifitas pertama dan yang paling penting bagi kita untuk mencuci tangan tentu saja adalah sebelum makan. Dengan banyaknya kuman yang sudah ada pada telapak tangan, apalagi jika kita banyak menyentuh benda yang juga telah tersentuh banyak orang lain sehingga penuh kuman, maka kita pun harus mencuci tangan agar kuman-kuman tersebut tidak ikut masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan makanan. Banyak kasus dimana kuman yang masuk bersama dengan makanan akan menyebabkan penyakit, khususnya sakit perut. Selain sebelum makan, sebelum memasak juga sebaiknya harus mencuci tangan hingga bersih mengingat masakan yang terkontaminasi kuman juga akan kurang sehat untuk dikonsumsi, bukan?

Banyak orang yang berpikir bahwa setelah dari toilet atau kamar mandi, maka kita tinggal menyiram tangan dengan air dan kita sudah bersih dari kuman. Anggapan ini ternyata salah besar! Kuman pada kotoran bisa berpindah dengan mudah, khususnya saat kita menyiram toilet dimana kuman bisa berpindah ke gagang pintu, gayung, atau bahkan dinding toilet atau kamar mandi. Jangan ragu untuk segera mencuci tangan setelah keluar dari toilet atau kamar mandi.

Beberapa aktifitas lain layaknya membuang sampah yang tentu penuh dengan kuman dan bakteri, apalagi jika kita harus membuka tutup tempat sampah di luar rumah, maka kita pun harus mencuci tangan kita hingga bersih. Selain itu, jika kita memiliki hewan peliharaan, segera cuci tangan setelah kita menyentuh bulu hewan peliharaan kita mengingat bulu hewan juga belum tentu bebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.