Kapankah Kita Bisa Mulai Mendetoksifikasi Tubuh?

DokterSehat.Com – Gaya hidup modern ternyata bisa memberikan dampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, kebutuhan masyarakat modern yang cenderung memiliki mobilitas yang sangat tinggi membuat tubuh lebih sering terkena polusi dan berbagai racun yang bisa memasuki tubuh. Selain itu, konsumsi makanan hingga obat-obatan juga bisa membuat tubuh dipenuhi dengan kandungan yang kurang baik bagi kesehatan tubuh sehingga tubuh pun akan membutuhkan proses detoksifikasi baik itu detoksifikasi alami maupun yang dilakukan dari luar.

doktersehat-senam-kegel-neuormove

Terdapat banyak program detoksifikasi yang disediakan oleh klinik, dokter, hingga tempat perawatan kecantikan di berbagai tempat. Pakar kesehatan menyebutkan jika tubuh biasanya akan memberikan tanda-tanda alamiah jika tubuh membutuhkan detoksifikasi dari luar. Sebagai contoh, jika kita mengeluarkan air seni yang cenderung memiliki warna yang tidak wajar dan lebih gelap, badan yang terasa sangat tidak enak dan pegal-pegal, hingga masalah pada buang air besar, maka tubuh pun membutuhkan proses detoksifikasi.

Dengan melakukan program detoksifikasi, proses detoksifikasi akan membantu tubuh memperbaiki banyak sistem dan organ tubuh. Selain itu, sistem metabolisme tubuh juga akan cenderung menjadi lebih baik. Program detoksifikasi dari luar sendiri bisa kita lakukan dengan memberikan asupan sehat setiap hari. Sebagai contoh, kita bisa mengkonsumsi makanan-makanan sehat layaknya sayuran, buah-buahan, jus, hingga menambah konsumsi air putih agar cukup. Selain itu, kita juga bisa mengubah konsumsi nasi putih menjadi nasi merah yang cenderung lebih sehat. Pakar kesehatan juga menyebutkan jika kita sebaiknya mengurangi asupan yang tidak sehat layaknya rokok, alkohol, gula yang berlebihan, hingga minyak yang tinggi kadar lemak.

Selain memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, proses detoksifikasi juga bisa diiringi dengan yoga. Pakar kesehatan menyebutkan jika racun-racun yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan otot-otot dan persendian menjadi lebih kaku. Dengan melakukan yoga secara teratur, pembuangan racun bisa berlangsung dengan lebih lancar saat buang air kecil, buang air besar, atau keringat.