Kapankah Bayi Mulai Menendang Perut Ibunya di Dalam Kandungan?

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh ibu hamil adalah tendangan buah hatinya di dalam kandungan. Dengan merasakan tendangan dari bayi, ibu bisa merasakan adanya kehidupan di dalam perut dan hal ini bisa memberikan sensasi kebahagiaan yang luar biasa. Sebaliknya, cukup banyak ibu yang mengalami kecemasan andai sang janin tak kunjung menendang-nendang perutnya. Sebenarnya, kapankah bayi mulai menendang perut ibunya di dalam kandungan?

doktersehat-kehamilan-mengecat-rambut-berbahaya

Pakar kesehatan menyebut gerakan bayi di dalam perut yang bisa dirasakan oleh ibunya sebagai quickening. Biasanya, ibu bisa merasakan gerakan bayi ini saat usia kehamilannya memasuki 16 hingga 22 minggu. Hanya saja menurut pakar kesehatan, cukup banyak pula ibu yang tidak merasakan adanya gerakan quickening ini mengingat setiap kehamilan memang berbeda-beda.

Jika ibu hamil merasakan gerakan quickening ini, biasanya ibu akan merasakan sensasi geli hingga tendangan ringan. Satu hal yang pasti, tendangan atau pukulan ringan dari bayi ini tidak akan memberikan masalah kesehatan bagi kehamilan. Gerakan bayi di dalam kandungan pun cenderung bervariasi. Ada bayi yang sangat aktif sehingga ibu bisa merasakan tendangan ini cukup sering dalam sehari, namun, ada pula bayi yang hanya melakukan gerakan sesekali saja dalam sehari. Frekuensi gerakan bayi ini ternyata cukup dipengaruhi oleh aktifitas sehari-hari ibu hamil, termasuk jam tidur, hingga suara-suara pada lingkungan ibu.

Biasanya, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka gerakan bayi juga akan cenderung semakin aktif. Namun, jika gerakan bayi masih rendah, yakni kurang dari 10 kali dalam durasi 2 jam meskipun kandungan sudah cukup besar, ada baiknya kita segera berkonsultasi pada dokter kandungan. Hal yang sama juga sebaiknya kita lakukan andai gerakan bayi justru cenderung semakin lambat atau menurun dari hari ke hari.