Kapankah Anak Harus Diajak Untuk Tidur Malam?

DokterSehat.Com – Meskipun memiliki energi yang seakan-akan tidak pernah habis kala di siang hari, dalam realitanya, banyak akan yang mengantuk dengan cepat di malam hari. Pakar kesehatan menyebutkan jika secara alami anak-anak memang membutuhkan waktu tidur yang lebih lama di malam hari sebagai salah satu cara pertumbuhan mental dan fisik sekaligus membuat tubuhnya terjaga kesehatannya. Tak hanya itu, tidur yang cukup juga bisa membuat perkembangan kecerdasan sang anak sempurna.

doktersehat-jam-tidur-anak-berpengaruh-obesitas

Sayangnya, banyak orang tua yang masih tidak mengerti seberapa banyak sebenarnya anak bisa tidur. Tak hanya itu, perkembangan teknologi juga kerap kali membuat anak bermain dengan gadget yang membuat mereka baru bisa tertidur cukup larut layaknya orang dewasa. Hal ini tentu bisa berimbas buruk bagi kesehatan dan pertumbuhannya, bukan?

The American Academy of Sleep Medicine menyebutkan jika ada pedoman tidur bagi anak-anak yang bisa dijadikan patokan bagi orang tua untuk menata waktu tidur sang buah hati. Sebagai contoh, bayi dengan usia 4 bulan hingga 12 bulan bisa tidur 12 jam hingga 16 jam setiap harinya. Sementara itu, anak dengan usia 1 hingga 20 tahun akan membutuhkan waktu tidur 11 hingga 14 jam setiap harinya. Anak dengan usia 3 hingga 5 tahun sebaiknya tidur 10 hingga 13 jam setiap hari. Sementara itu, saat memasuki usia sekolah dimana anak berusia 6 hingga 12 tahun, maka waktu tidurnya sebaiknya mencapai 9 hingga 12 jam. Sementara itu, saat anak berinjak remaja dimana usianya 13 hingg 18 tahun, mereka bisa mendapatkan waktu tidur 8 hingga 10 jam setiap harinya.

Hal ini berarti, jika kita memiliki anak dengan usia sekolah layaknya 7 tahun maka ada baiknya mendapatkan waktu tidur sekitar 9 hingga 12 jam. Jika anak bisa bangun jam 6 di pagi hari, maka ada baiknya kita meminta anak tidur pada jam 8 atau jam 9 malam. Ada baiknya kita juga harus memberikan aturan agar anak tidak memakai gadget di malam hari sehingga mereka bisa segera terlelap dan jika perlu, cobalah menceritakan dongeng sebelum tidur agar anak bisa segera terlelap.