Kapankah Anak Diperbolehkan Untuk Mengkonsumsi Minuman Probiotik

DokterSehat.Com – Minuman probiotik cenderung sangat nikmat untuk dikonsumsi. Sayangnya, ada batasan yang menyebutkan jika minuman ini hanya boleh dikonsumsi dengan takaran yang kecil setiap harinya. Karena rasanya yang nikmat dan diklaim mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan, banyak anak-anak, termasuk yang kurang dari dua tahun, menyukai minuman ini. Sebuah pertanyaan pun muncul, sebenarnya, di usia berapakah anak diperbolehkan mengkonsumsi minuman probiotik?

doktersehat-anak-kecil-minum-susu-gizi-nutrisi-bayi-balita

Pakar kesehatan menyebutkan jika minuman probiotik bisa memberikan manfaat berupa mengatasi diare, mengatasi peradangan atau iritasi pada perut, menjaga kesehatan mulut, hingga mencegah munculnya berbagai alergi dan penyakit ringan layaknya pilek. Sebagaimana kita ketahui, di dalam minuman probiotik ada banyak bakteri baik yang diklaim sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Sayangnya, pakar kesehatan menyarankan agar minuman ini tidak sembarangan dikonsumsi oleh anak-anak, wanita hamil, mereka yang mengalami masalah pada sistem kekebalan tubuh, dan para lansia.

Dr. Atilla Dewanti, Sp.A, seorang pakar kesehatan anak, menyebutkan jika sebenarnya bayi dengan usia enam bulan sudah diperbolehkan untuk meminum probiotik. Namun, ada baiknya konsumsi minuman ini dibatasi pada saat anak terkena diare saja agar membantu proses pemulihannya. Beliau menyebutkan jika minuman probiotik ternyata sangat baik dalam meringankan gejala diare pada anak.

Menurut dr. Atilla, takaran maksimal minuman probiotik bagi anak-anak adalah sekali dalam sehari dan hal ini diyakini mampu mencegah munculnya diare pada anak. Hanya saja, ada baiknya jangan membiasakan anak mengkonsumsi minuman probiotik karena rasanya yang enak bisa saja mengalahkan keinginan anak untuk mengkonsumsi ASI secara teratur hingga usia mereka mencapai dua tahun.

Meskipun diperbolehkan, ada baiknya memang kita tidak membiasakan anak, khususnya yang masih berusia kurang dari dua tahun meminum probiotik meskipun memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan saluran pencernaannya.