Kapan Wanita Bisa Hamil Lagi Setelah Mengalami Keguguran?

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang sangat ditakuti oleh ibu hamil adalah andai mereka mengalami keguguran. Tak hanya membuat mereka kehilangan buah hati yang sangat dinanti-nanti, keguguran juga bisa membuat mereka kerepotan untuk melakukan berbagai pemeriksaan dan tindakan medis untuk mengeluarkan janin yang sudah meninggal dunia ini. Selain itu, ibu hamil juga biasanya harus melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apa penyebab dari keguguran ini karena bisa saja cukup serius dan harus ditangani demi kesehatan sang ibu.

doktersehat-hamil-kehamilan-mual

Menurut pakar kesehatan, sebagian wanita bahkan bisa mengalami keguguran dua kali dalam berturut-turut. Namun, sebuah penelitian menyebutkan bahwa 85 persen dari wanita yang pernah mengalami keguguran bisa mendapatkan kehamilan normal kembali dan bahkan melahirkan bayi yang selama ini diidam-idamkan. Hanya saja, untuk mendapatkannya, mereka tentu harus melakukan pemeriksaaan pada dokter secara berkala saat hamil agar keguguran tak lagi terjadi.

Salah satu pertanyaan yang cukup banyak dipikirkan oleh mereka yang mengalami keguguran adalah kapan mereka bisa kembali hamil lagi. Menurut pakar kesehatan, ada baiknya wanita menunggu satu siklus menstruasi atau hingga waktu 3 bulan sebelum benar-benar merencanakan kehamilan kembali. Pasangan pun sebaiknya meminta rekomendasi pada dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan apakah memang mereka bisa kembali mendapatkan kehamilan dengan aman atau tidak. Jika diperlukan, biasanya dokter memberikan pengobatan dengan hormon progesteron untuk keperluan implantasi di dalam rahim.

Tak hanya kesiapan fisik, biasanya seorang wanita memerlukan waktu untuk menyembuhkan sisi psikologisnya setelah mengalami keguguran. Satu hal yang pasti, ada baiknya suami atau keluarga memberikan dukungan pada wanita yang pernah mengalami keguguran agar Ia tidak menyalahkan diri sendiri. Jika secara psikis wanita sudah benar-benar siap untuk kembali hamil, maka pasangan pun bisa segera merencanakan kehamilannya.