Kapan Waktu yang Tepat Merawat Vagina?

Doktersehat.com – Organ intim wanita sangat rentan terinfeksi jamur dan bakteri akibat kondisinya yang lembab. Karena itu organ intim juga membutuhkan perawatan khusus sebagai langkah pencegahan.



Kini banyak dijumpai rangkaian perawatan vagina yang ditawarkan di klinik-klinik kecantikan seperti gurah vagina, ratus, spa vagina, atau totok vagina. Tapi, sebenarnya perawatan tersebut tidak boleh terlalu sering dilakukan.

Sebaiknya perhatikan pula waktu yang tepat untuk merawat vagina karena perawatan yang tidat tepat malah akan mengakibatkan gangguan pada vagina Anda. Berikut waktu yang tepat untuk merawat organ intim Anda:

 Lakukan perawatan setelah haid

Setelah haid sisa-sisa darah kotor masih banyak yang menempel dalam vagina. Untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap pada vagina sebaiknya lakukan perawatan pada organ intim Anda.

Rawat sebulan sekali saja

Vagina yang sehat juga perlu dirawat namun sebaiknya lakukan perawatan sekali dalam sebulan saja. Terlalu sering melakukan perawatan dapat menyebabkan vagina menjadi kering akibat matinya flora normal yang terdapat dalam organ intin Anda.

Jika terjadi keputihan lakukan perawatan sekali dalam sebulan setelah itu tiga bulan sampai sembuh kemudian lakukan kembali perawatn sebula sekali.

Perawatan sebelum menikah

Sebelum menikah kebanyakan wanita merawat daerah intimnya dengan ratus. Perawatan ratus menjelang pernikahan dapat digunakan untuk memanjakan Anda dan juga dapat membahagiakan suami Anda.

Setelah melahirkan

Perawatan setelah melahirkan rentan dilakukan wanita yang bersalin secara normal. Tapi, merawat vagina setelah melahirkan sangat diperlukan untuk membersihkan kotoran yang masih tersisa dalam vagina. Anda dapat melakukan perawatan dua bulan setelah melahirkan.

Sumber: okezone.com