Kapan Waktu Terbaik Untuk Menimbang Badan?

DokterSehat.Com – Meskipun kerap dianggap sebagai salah satu benda yang menakutkan karena bisa menunjukkan berat badan yang tidak sesuai dengan harapan, dalam realitanya kita membutuhkan timbangan, apalagi jika kita memang sedang melakukan program penurunan berat badan. Pakar kesehatan yang berasal dari National Weigth Control Registry di Amerika Serikat sendiri menyebutkan bahwa 75 persen dari orang-orang yang berhasil menurunkan berat badannya adalah mereka yang rutin mengukur berat badannya di timbangan. Sebenarnya, apakah ada waktu terbaik untuk menimbang badan?

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet-sindrom-metabolik

Dalam sebuah penelitian kesehatan yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of Nutrition and Dietetics mengungkapkan bahwa mereka yang berhasil menurunkan berat badannya cenderung lebih baik dalam mempertahankan berat badan yang ideal tersebut jika Ia rutin menimbang berat badannya. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak lagi takut atau cemas untuk menimbang berat badan.

Tanpa kita sadari, berat badan kita sebenarnya berubah-ubah jika kita menimbangnya di waktu yang berbeda-beda dalam sehari. Sebagai contoh, berat badan sebelum buang air besar atau setelah makan tentu akan mengalami perubahan, bukan? Hal ini berarti, ada satu waktu yang sebaiknya kita lakukan untuk menimbang berat badan dengan rutin setiap harinya agar bisa menjadi patokan untuk menentukan gaya hidup dan pola makan yang tepat untuk menjaga untuk menurunkan berat badan. Waktu tersebut adalah saat pagi hari, tepatnya saat kita sudah mengosongkan perut dan belum melakukan sarapan pagi atau berolahraga. Di waktu inilah, pakar kesehatan dan nutrisi berkata bahwa timbangan bisa menentukan berat badan kita dengan lebih akurat.

Untuk mendapatkan berat badan yang akurat, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk menempatkan timbangan ini di permukaan yang rata dan keras, bukannya di atas karpet. Dengan meletakannya di tempat tersebut, maka kita pun akan bisa mendapatkan angka berat badan yang tepat.