Kapan Waktu Terbaik Untuk Keramas, Pagi atau Sore?

DokterSehat.Com– Berkeramas adalah salah satu cara untuk merawat kesehatan rambut yang paling mudah untuk dilakukan. Cukup hanya dengan membasahi rambut dan menggunakan shampoo, maka kita sudah bisa membersihkan rambut dari berbagai kotoran yang menempel. Hanya saja, kapankah waktu terbaik untuk mencuci rambut? Pagi atau sore hari?

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

Pakar perawatan rambut Saint Tiu menyebutkan bahwa sebenarnya tidak ada aturan yang perlu kita patuhi untuk berkeramas. Hal ini bergantung pada kebutuhan dan aktifitas sehari-hari setiap orang. Sebagai contoh, jika kita cenderung banyak berkeringat atau kerap terkena polusi dan kotoran saat bekerja atau melakukan aktifitas lain di siang hari, maka ada baiknya kita berkeramas di mandi sore atau malam hari. Hal yang sama juga diungkapkan oleh pakar kesehatan dermatologi berrnama Annabel Kingsley.

Yang menarik adalah, meskipun pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin membersihkan rambut, kita sebaiknya tidak begitu mempermasalahkan frekuensi dari berkeramas. Annabel menyebutkan bahwa ada baiknya kita justru memastikan bahwa produk shampoo yang kita gunakan cocok dengan jenis rambut atau kulit kepala sehingga bisa membersihkan rambut dan kulit kepala dengan baik.

Lantas, bagaimana jika ada orang yang justru lebih terbiasa mencuci rambutnya di pagi hari? Annabel menyebutkan bahwa asalkan dilakukan dengan berkala, maka kulit kepala dan rambut akan terjaga kesehatannya sehingga hal ini juga tetap baik untuk dilakukan.

Melihat adanya fakta ini, kita tidak perlu pusing mempermasalahkan kapan waktu berkeramas. Yang penting adalah kita berkeramas dengan rutin agar kesehatan dan kebersihan rambut tetap terjaga.