Kapan Waktu Terbaik Bagi Anak Untuk Disunat?

DokterSehat.Com – Kapan sih waktu paling ideal bagi anak laki-laki untuk disunat? Di Indonesia, kebanyakan orang tua akan meminta anak laki-lakinya untuk sunat andai mereka sedang ada di usia sekolah dasar atau menjelang usia sekolah menengah pertama. Namun, menurut pakar kesehatan dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS yang berasal dari Rumah Sunatan, waktu terbaik untuk melakukan sunat ternyata lebih awal dari yang kita duga, yakni di bawah usia enam bulan atau saat masih bayi. Apa alasan dari rekomendasi ini?



Dr. Mahdian menyebutkan jika saat usia sebelum enam bulan, kulit bayi akan cenderung lebih cepat sembuh andai terkena luka. Pada usia inilah, pertumbuhan sel kulit terjadi dengan paling cepat sehingga andai anak disunat, Ia pun akan cenderung lebih cepat sembuh. Pada usia sebelum enam bulan, anak juga akan cenderung tidak mudah terkena trauma karena sunat. Hal ini tentu sangat berbeda andai anak disunat pada usia SD dimana banyak anak-anak yang mengalami ketakutan dan mereka pun akhirnya mengalami trauma setelah disunat.

Kelebihan lain yang membuat dr. Mahdian menyarankan anak untuk disunat sebelum enam bulan adalah karena pada usia ini, anak laki-laki cenderung belum tahu cara tengkurap sehingga resiko untuk tergesek pada luka sunat juga akan sangat minim.

Dengan sunat sejak usia yang sangat dini, anak juga akan mendapatkan keuntungan lainnya dimana mereka akan cenderung lebih baik mencegah penyakit pada organ reproduksi pria yang disebut sebagai fimosis. Fimosis sendiri adalah kondisi dimana ujung kulit depan penis mengalami penyempitan sehingga kulup penis cenderung sulit ditarik ke belakang. Andai hal ini terjadi, kulit penis tentu akan sangat mudah kotor dan beresiko tinggi terkena infeksi, khususnya infeksi saluran kemih. Padahal, 40 persen laki-laki beresiko tinggi terkena penyakit fimosis ini.

Baca Juga:  Resiko Kesehatan Pria yang Tidak Disunat: Terkena Kanker Penis

Sunat di usia kurang dari enam bulan ternyata bisa memberikan banyak keuntungan bagi anak laki-laki. Jadi, andai anda masih memiliki bayi laki-laki saat ini, mungkin anda bisa mulai mempertimbangkannya untuk segera disunat agar lebih cepat sembuh.