Kapan Sebaiknya Melakukan Latihan Kardio?

DokterSehat.Com – Latihan kardio merupakan semua gerakan yang membuat jantung anda berdetak lebih cepat dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Latihan fisik ini bisa digunakan untuk membakar kelebihan kalori dan lemak dalam tubuh. Akan tetapi, bagi anda yang sedang dalam program menambah masa otot pun juga tetap disarankan melakukan kardio.



Mungkin, belum banyak orang yang tahu fakta kardio bagi seseorang yang ingin menambah massa otot. Sehingga, banyak yang takut dengan kardio akan menghilangkan massa otot. Padahal, hal itu tidak dibenarkan. Berikut adalah fakta tentang kardio yang perlu Anda perhatikan guna memaksimalkan latihan Anda.

Waktu terbaik untuk melakukan kardio

Keadaan tubuh seseorang berbeda-beda, itulah sebabnya waktu terbaik untuk melakukan kardio adalah ketika Anda merasa bahwa saat itu merupakan waktu terbaik. Namun perlu di garis bawahi, semua pakar kesahatan dan pelatih ahli kebugaran juga sepakat bahwa kardio di pagi hari dengan perut kosong tidak dianjurkan untuk dilakukan.

Membakar lemak bukan hanya terjadi ketika Anda melakukan latihan kardio, namun juga 2 jam setelah Anda melakukan latihan. Jika perut Anda dalam keadaan kosong, maka Anda tidak punya bahan bakar atau tenaga untuk memproses pembakaran lemak. Jadi, jika Anda tidak ingin menjadi kurus kecil dan kehilangan otot, maka hindari kardio di pagi hari dengan perut kosong. Hal tersebut sama saja dengan siap untuk berperang, namun tidak membawa amunisi.

Latihan kardio sebelum angkat beban

Sebagian besar orang bertanya, melakukan kardio baru melakukan angkat besi, atau sebaliknya? Pertanyaan tersebut sangatlah sering diajukan. Melakukan latihan kardio memang merangsang otot-otot untuk tumbuh. Namun, apabila anda melakukan kardio sebelum melakukan angkat beban, maka Anda akan menghabiskan glikogen yang merupakan sumber energi.

Sebaliknya, jika Anda melakukan angkat besi terlebih dulu, maka simpanan glukogen dalam tubuh Anda akan cukup untuk jenis latihan lainnya. Itulah sebabnya, melakukan kardio sebaiknya dilakukan setelah latihan angkat berat. Alasan lainnya, selama sesi kardio, sintesis protein akan rendah, dan pemecahan protein akan naik. Hal itu membuat kemampuan tubuh Anda untuk membangun otot akan terganggu.

Baca Juga:  Penyebab Munculnya Bercak Putih Pada Lidah

Jika menginginkan hasil maksimal dalam latihan kardio Anda, cobalah untuk membuat jadwal terpisah dengan latihan angkat beban. Memisahkan jadwal kardio dengan angkat beban memastikan Anda akan memiliki energi yang tepat untuk memaksimalkan latihan kardio dan angkat beban.

Kardio dan efek pada pertumbuhan otot

Jika Anda bertanya hal tersebut, maka jawabannya bisa iya, bisa tidak. Kardio dapat mengurangi massa otot jika dilakukan secara berlebihan. Namun, bukan berarti seseorang yang sedang melakukan pembentukan otot tidak boleh melakukan kardio. Kardio tetap dibutuhkan meskipun sedang menjalankan program pembentukan massa otot. Hanya saja, porsinya lebih kecil daripada program menurunkan berat badan.Untuk Anda yang sedang berusaha membentuk otot dan ingin melakukan kardio, maka bisa Anda lakukan sekitar 7 menit setelah latihan angkat beban.

Kardio yang dilakukan tidak terlalu lama, tidak akan menyebabkan penurunan massa otot. Hal ini dkarenakan, pembakaran yang terjadi hanya memanfaatkan simpanan lemak dan glikogen dalam tubuh. Sedangkan kardio dengan durasi lama bisa menyebabkan pengurangan massa otot, karena tubuh memaksa penggunaan protein untuk menghasilkan energi.

Nah, untuk mencegah protein otot Anda dipecah menjadi energi, lakukan kardio dalam intensitas rendah sampai sedang, dalam durasi yang tidak terlalu lama. Selain itu, tambahkan suplemen protein seperti Amino 2000 dari Ultimate Nutrition yang mengandung protein murni berkualitas terbaik untuk membantu menjaga massa otot Anda serta membantu perkembangan otot Anda.

Kardio bagi kesehatan tubuh

Dengan melakukan kardio, kalori yang dibakar memang semakin banyak. Kegiatan yang termasuk olahraga kardio adalah joging, berenang, berjalan cepat, senam aerobik, lari dan bersepeda. Melakukan kardio juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti memperbaiki kondisi paru-paru, melatih otot jantung agar kuat, dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga organ mendapat oksigen yang cukup. Banyaknya gerakan tubuh yang dilakukan saat olahraga kardio dapat mempercepat detak jantung dan melatih jantung.