Kapan Pria Sebaiknya Mulai Mewaspadai Masalah Kebotakan?

DokterSehat.Com– Salah satu kekhawatiran yang dialami oleh banyak pria dewasa adalah jika mereka mengalami kebotakan. Dengan mengalami masalah kerontokan rambut ini, maka penampilan pria pun akan berubah dan seringkali menjadi lebih buruk. Sebenarnya, pada usia berapakah pria sebaiknya mulai mewaspadai masalah kebotakan ini?

doktersehat-rambut-rontok-botak-kebotakan-alopecia

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Edinburgh, Skotlandia, baru-baru ini berhasil menemukan fakta dimana sekitar dua per tiga pria ternyata akan mulai mengalami masalah penipisan rambut saat usianya mencapai 35 tahun. Saat usia mereka mencapai 70 tahun, 60 persen pria cenderung mengalami kebotakan dengan rambut yang sudah beruban.

Riccardo Marioni, Ph.D, peneliti utama dari studi ini, mendapatkan fakta tersebut setelah melakukan studi genetik untuk mencari tahu kapan kita bisa memprediksi masalah kerontokan pada rambut yang cukup parah dan mengarah pada masalah kebotakan. Ia dan timnya pun segera mencari data genom dan data kesehatan dari 52 ribu pria. Setelahnya, tim peneliti ini kemudian memperhatikan 287 daerah genetik yang diyakini terkait dengan pertumbuhan dan struktur rambut. Dari data-data ini, tim peneliti pun membuat formula yang mampu memprediksi kapan pria mulai mengalami kebotakan, dimana hasilnya adalah pria akan cenderung mulai mengalami penipisan rambut saat usianya 35 tahun.

Dalam banyak kasus, pria memang bisa tetap memiliki rambut lebat hingga usia tua. Namun, jika secara genetik pria ini memang mudah mengalami kebotakan, maka masalah ini akan cenderung sulit untuk dihindari. Dengan adanya hasil penelitian ini, maka ada baiknya pria bisa mulai mewaspadai kebotakan dan mulai melakukan perawatan rambut yang baik saat usianya mencapai 35 tahun. Marioni sendiri menyarankan pria untuk menggunakan produk yang mampu merawat kekuatan akar rambut, membuat rambut lebih subur, dan mencegah kerontokan. Tak hanya itu, ada baiknya pria juga rutin mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan mendukung kesehatan rambut agar tidak mudah terkena kebotakan.