Pertolongan Pertama – Kapan Pergi ke UGD

Seringkali orang bingung bagaimana birokrasi untuk penanganan medis. Tidak setiap rumah sakit memiliki kemampuan yang sama, dan beberapa klinik atau pusat perawatan mampu merawat hampir cedera sementara yang lain tidak bisa. Karena keadaan darurat dan urgensi tidak direncanakan, orientasi tempat lokasi klinik atau unit gawat darurat setempat sangat penting.

doktersehat-rumah-sakit-emergensi-darurat

Tempat pertama untuk memulai adalah dengan dokter perawatan primer Anda. Dokter perawatan primer akan dapat membantu membangun rencana jika terjadi keadaan darurat. Dokter mampu memberikan konsultasi mengenai cedera atau sakit yang terkait, dan dapat melihat pasien sesegera mungkin.

  • Orientasi pengetahuan lokasi rumah sakit terdekat. Cari tahu kemampuan apakah sesuai dengan kebutuhan Anda. Profesional perawatan kesehatan Anda mungkin menjadi sumber yang baik untuk bertanya.
  • Tidak perlu mencari rumah sakit terbaik. Mungkin di kota besar memang ada rumah sakita ibu dan anak, rumah sakit pusat rujukan jantung, dan sebagainya, namun, rumah sakit terdekat akhirnya menjadi pilihan terbaik untuk kondisi gawat darurat.

Pusat perawatan kegawatan mungkin dapat berdiri sendiri atau berafiliasi dengan sistem rumah sakit. Masing-masing unit gawat darurat akan memiliki staf dengan kemampuan yang berbeda dan dapat dikelola oleh dokter dari berbagai tingkat pelatihan, praktisi perawat, atau asisten dokter. Kemungkinan juga memiliki laboratorium lengkap, mesin sinar-X dan CT scan, atau alat tes diagnostik sederhana.

Penting untuk selalu membawa daftar kondisi medis Anda, daftar obat Anda, dan alergi apa yang Anda alami.

Saat bepergian, bijaksana untuk memiliki nomor telepon dan alamat dokter perawatan primer dan rumah sakit setempat. Di jaman yang serba terkomputerisasi, terkadang catatan medis di negara kita masih menggunakan tulisan tangan. Di luar negeri, khususnya di negara barat, catatan medis secara rutin di-fax antar rumah sakit untuk memungkinkan perawatan yang berkualitas dan juga memungkinkan pasien mendapatkan perawatan medis yang tersedia di mana pasien akan bepergian. Perencanaan ke depan dalam keadaan darurat harus selalu dilakukan.