Infeksi Jamur Candidiasis – Kapan Mencari Perawatan Medis

Untuk anak-anak dan orang dewasa yang sehat, jika obat dicoba dan gagal, atau gejalanya menjadi lebih buruk, berkonsultasilah dengan dokter. Semua orang dengan sistem kekebalan yang lemah harus menghubungi praktisi perawatan kesehatan.

doktersehat-wanita-sakit-flu-fever-demam-masuk-angin-masker

Berbagai kondisi dapat menyebabkan keputihan nonmenstruasi pada wanita, seperti gonore, klamidia, trikomoniasis, dan vaginosis bakteri.

  • Jika Anda mengalami keputihan abnormal dan tidak yakin apakah Anda memiliki infeksi jamur, berkonsultasilah dengan dokter.
  • Jika infeksi jamur kambuh kembali, temui dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih menyeluruh. Candidiasis yang berulang mungkin merupakan gejala penyakit tersembunyi seperti diabetes, leukimia, atau AIDS.

Oral thrush membutuhkan obat resep dan kunjungan segera ke dokter. Jika anak tidak mau minum cairan lebih dari 12 jam, hubungi dokter Anda. Setiap demam atau masalah berkepanjangan dengan nafsu makan juga memerlukan kunjungan ke dokter.

Ruam popok atau infeksi candida lainnya pada kulit dapat diobati dengan nistatin (Mycostatin, Nilstat, Nystat-Rx, Nystex, O-V Staticin) atau krim antijamur dan pelembab kulit.

  • Jika ruam memburuk setiap saat, atau jika lesi tidak reda dalam 1-2 minggu, hubungi dokter Anda.
  • Demam, menggigil, mual, muntah, atau ruam yang menyebar ke bagian tubuh lain mungkin merupakan pertanda penyakit yang lebih serius.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah harus mendapatkan penanganan serius terkait kandidiasis. Infeksi dapat mengindikasikan bahwa sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi dengan buruk. Dokter Anda harus mengevaluasi gejala infeksi candida.

  • Jika Anda sudah dirawat karena infeksi candida dan gejalanya memburuk atau tidak membaik, beritahu dokter Anda.
  • Demam, menggigil, muntah, sakit umum, atau ruam yang memburuk perlu segera diselidiki.

Kapan harus ke rumah sakit?
Sebagian besar kasus kandidiasis tidak harus dirawat di rumah sakit. Namun, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah mungkin memiliki infeksi yang lebih serius, dan mungkin perlu dirawat di rumah sakit.

  • Wanita harus pergi ke rumah sakit saat demam, menggigil, mual dan muntah, atau sakit perut menyertai keputihan. Gejala ini bisa mengindikasikan masalah yang lebih serius seperti infeksi ginjal, radang usus buntu, atau penyakit radang panggul. Kondisi potensial ini perlu segera diselidiki.
  • Jika sariawan mengganggu cairan makan atau minum dalam waktu lama, orang mungkin perlu dirawat di rumah sakit karena mendapatkan obat yang lebih agresif dan penggantian cairan tubuh.
  • Infeksi kulit candida jarang membutuhkan perawatan di rumah sakit.
  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah berisiko terkena organisme jamur yang menyebar ke darah atau organ dalam tubuh mereka, yang dapat menyebabkan penyakit yang mengancam nyawa. Pengobatan dari selang infus diperlukan untuk mengatasi penyakit sistemik ini. Dokter Anda harus segera menyelidiki gejala dan kondisi Anda.