Kapan Bisa Hamil Setelah Persalinan Caesar?

DokterSehat.Com – Bagi bunda yang pernah melahirkan caesar tentunya bertanya2 kapan boleh hamil lagi dan apakah bisa lahir normal setelah caesar? Hal ini memang sangat penting untuk diketahui, mengingat persalinan Caesar memiliki resiko yang cukup besar jika dibandingkan dengan persalinan normal.

9

Umumnya jarak yang aman untuk hamil lagi setelah operasi caesar adalah 18 s/d 24 bulan, yang merupakan juga jarak yang sama pada persalinan normal.

Hal itu tentu berbeda dengan ibu yang melahirkan secara Caesar, karena kehamilan dengan jarak dekat akan meningkatkan resiko robekan rahim, kelahiran prematur, dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Jadi, jika ditanyakan kembali kapan bisa hamil setelah persalinan caesar? Maka jawabannya adalah minimal setelah 18 hingga 25 bulan setelah Caesar pertama. Tubuh Anda membutuhkan waktu cukup lama untuk proses penyembuhan luka bedah pada perut dan rahim Anda, mengembalikan rahim pada posisi semula, dan tentunya pemulihan kesehatan Anda pasca Caesar.

Lalu, bagaimana jika Anda terlanjur hamil lagi, padahal jarak kehamilan Anda dengan operasi Caesar sebelumnya kurang dari 18 bulan? Daripada penasaran, simak beberapa tips berikut ini :

  • Lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin pada dokter kandungan, usahakan Anda memilih dokter yang menangani persalinan Anda sebelumnya karena lebih memahami kondisi Anda.
  • Jaga kondisi kehamilan Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi dan multivitamin sesuai rekomendasi dokter.
  • Jalani kehamilan dengan bahagia, hindari stress dan aktivitas fisik yang membahayakan kehamilan Anda.
  • Hindari pola hidup tidak sehat, seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, begadang, dan lain-lain.
  • Waspadai tanda-tanda bahaya kehamilan, misalnya : ketuban pecah dini, pendarahan, keputihan abnormal yang dapat mengganggu kehamilan Anda. Jika mengalami hal tersebut, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.
  • Siapkan mental dan fisik untuk menjalani persalinan Caesar lagi karena jarak yang terlalu dekat dapat meningkatkan resiko kesehatan Anda jika dipaksa melahirkan secara normal.