Kapan Anak Bisa Mulai Diajari Bahasa Asing?

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang tua yang mengharapkan buah hatinya bisa menguasai beberapa bahasa. Sebagai informasi, usia anak balita adalah periode emas bagi mereka dalam menyerap berbagai pengetahuan, khususnya bahasa. Hal ini berarti, kita bisa mulai mengajarkan anak bahasa asing sejak dini. Namun, kapankah tepatnya anak bisa mulai kita ajari bahasa asing?



Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Proceedings of the National Academy of Sciences, disebutkan bahwa usia 20 bulan adalah usia paling ideal bagi orang tua yang ingin mengajarkan anaknya mengajari bahasa yang berbeda dari bahasa sehari-hari.

Dalam penelitian yang dilakukan pada 24 anak dari negara Perancis dan Inggris ini, disebutkan bahwa anak-anak ini diminta untuk melihat foto obyek yang mereka kenal dalam sekali pandang dan kemudian diperdengarkan kalimat dari satu bahasa dan kemudian kalimat campuran dari dua bahasa, yakni bahasa yang mereka kenal dan bahasa baru. Di eksperimen yang kedua, anak-anak ini kemudian diperdengarkan kalimat gabungan dari dua bahasa dan pertukaran kode nama, sesuatu yang banyak dipakai pada keluarga yang menggunakan dua bahasa atau bilingual.

Para peneliti pun kemudian mengecek usaha kognitif dari para bayi dalam mencoba untuk memahami kalimat-kalimat tersebut. Hasilnya adalah, tatkala melihat bahasanya ditukar, pupil mereka cenderung membesar yang menandakan bahwa mereka langsung memahaminya.

Francois Grosjean, professor di bidang psikolinguistik dari Neuchatel University yang ada di Swiss menyebutkan bahwa penelitian ini berhasil menunjukkan kemampuan luar biasa pada bayi dalam menyerap informasi baru, khususnya bahasa. Hal ini berarti, orang tua tidak perlu khawatir andai anak tumbuh di lingkungan yang bilingual. Hal ini tidak akan membuat mereka bingung, justru akan membuat mereka mempelajari dua bahasa yang berbeda dengan cepat.