Kapalan dan Mata Ikan – Pengertian, Penyebab, dan Gejala

Kapalan adalah area kulit yang menebal disebabkan oleh tekanan atau gesekan. Mereka dapat menyebabkan rasa sakit ketika digunakan untuk berjalan atau memakai sepatu. Kapalan biasanya terbentuk pada tangan atau kaki. Mereka biasanya tidak memerlukan pengobatan.

doktersehat-mata-kaki-sakit-penyakit-kapalan

Mata ikan adalah kondisi di mana jari-jari kaki memiliki inti yang lembut atau keras. Mata ikan bisa terbentuk di puncak jari-jari kaki Anda. Mata ikan disebabkan oleh sepatu yang terlalu kekecilan atau terlalu pas.

Apa yang menyebabkan kapalan dan mata ikan?
Kapalan dan mata ikan disebabkan oleh tekanan berulang atau gesekan pada area kulit. Tekanan menyebabkan kulit mati dan membentuk permukaan yang keras, sebagai pelindung. Sebuah mata ikan terbentuk dengan cara yang sama, awalnya biasanya memiliki permukaan keras, ketika keringat terperangkap di tempat adanya mata ikan, maka akan menjadi melunak. Mata ikan biasanya terjadi antara jari kaki. Kapalan dan mata ikan tidak disebabkan oleh virus dan tidak menular.

Memegang suatu obyek yang menempatkan tekanan pada tangan, seperti perangkat berat (alat berkebun cangkul atau palu) atau peralatan olahraga (raket tenis), biasanya menyebabkan kapalan di tangan.

Kapalan dan mata ikan pada kaki sering disebabkan oleh tekanan dari sepatu. Berjalan tanpa alas kaki juga menyebabkan kapalan.

Kapalan dan mata ikan sering terbentuk pada area tubuh yang menonjol, atau pada benjolan yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis. Kapalan dan mata ikan pada kaki juga bisa disebabkan oleh tekanan berulang karena olahraga (seperti kalus di bagian bawah), cara berjalan yang aneh (gait abnormal), atau struktur tulang, seperti kaki datar (flat foot) atau taji tulang (pertumbuhan tulang yang membentuk bersama sendi).

Baca Juga:  Nyeri Kaki - Jari Kaki

Apa saja gejalanya?
Kalus (kapalan) tebal, kering, dan keras, dan dapat muncul sebagai lesi berwarna keabu-abuan atau kekuningan. Kondisi ini mungkin kurang sensitif terhadap sentuhan dari kulit di sekitarnya, dan terasa bergelombang. Mata ikan juga tegas, keras, dan tebal, dan dapat memiliki cincin kuning lembut dengan warna abu-abu. Mata ikan yang lembut tampak seperti luka terbuka.

Kapalan dan mata ikan sering tidak menyakitkan, tetapi mereka dapat menyebabkan rasa sakit saat Anda berjalan atau memakai sepatu. Setiap jenis tekanan yang mengenai kalus atau mata ikan, terasa seperti meremasnya, juga dapat menyebabkan rasa sakit.

Bagaimana kapalan dan mata ikan didiagnosis?
Dokter Anda akan memeriksa kapalan atau mata ikan yang menyebabkan masalah bagi Anda. Dia juga dapat mengajukan pertanyaan tentang pekerjaan Anda, hobi Anda, atau jenis sepatu yang Anda kenakan. Pemeriksaan sinar-X mungkin dilakukan jika dokter mencurigai masalah tulang.