Kantuk Menyerang, Lebih Baik Tidur atau Minum Kopi?

DokterSehat.Com– Kadangkala saat kita sedang melakukan banyak hal atau saat sedang berkendara, tiba-tiba saja rasa kantuk menyerang. Untuk mengatasinya, ada orang yang memilih untuk beristirahat sejenak dan minum kopi agar badan kembali segar atau justru memilih untuk tidur meskipun dalam waktu yang singkat. Sebenarnya, mana yang lebih baik untuk dilakukan, tidur sejenak atau minum kopi saat tubuh mulai mengantuk?

doktersehat-kurang-tidur-diabetes-jantung-wanita-ngantuk

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang perlu kita perhitungkan saat rasa kantuk melanda sehingga bisa memutuskan bahwa sebaiknya kita minum kopi saja atau tidur sejenak. Sebagai contoh, jika kita sedang melakukan ujian atau sudah kehilangan ide dan konsentrasi saat bekerja, maka ada baiknya kita tidur sejenak agar tubuh dan pikiran menjadi lebih segar. Saat kita terbangun nantinya, maka otak akan bekerja dengan lebih efektif, khususnya dalam hal mendapatkan dan mencerna informasi, serta memproduksi ide atau kreatifitas. Dengan tidur, maka koneksi sel-sel di dalam otak akan berjalan dengan lebih baik sehingga kita pun akan lebih baik dalam berkonsentrasi.

Hal yang berbeda terjadi jika kita merasa kantuk namun mengalami kepala berat atau sakit kepala. Jika kita mengalaminya, segeralah minum kopi karena kandungan kafein di dalamnya bisa menyerap rasa nyeri tersebut. Sakit kepala pun akan menjadi mereda dan setelah minum kopi akan membuat badan menajdi lebih bugar.

Jadi, sudah tahu kan mana yang lebih baik kita lakukan saat rasa kantuk melanda?