Kantuk Berlebih Saat Hamil?

DokterSehat.com – Anda mengalami serangan rasa mengantuk akut pada saat hamil?



Perubahan hormon selama masa kehamilan memang dapat menyebabkan gangguan tidur seperti rasa kantuk yang berlebih, restless leg syndrome, dan insomnia. Pada masa awal kehamilan, hormon progesteron mengalami peningkatan yang snagat tajam dan pada saat itu fetus berkembang membentuk organ tubuh. Hal tersebut membuat Anda merasa lebih cepat lelah dan cenderung selalu terserang rasa kantuk, bahkan rasa kantuk dan lelah yang menyerang jauh lebih kuat dari bias any.

Memasuki masa trimester kedua, hormon mulai kembali stabil dan pada umumnya Anda akan kembali lebih berenergi serta tidak lagi merasakan serangan kantuk yang berlebihan. Namun, pada masa trimester ketiga, kandungan akan semakin berat dan berat janin pun tumbuh pesat. Hal inilah yang menyebabkan Anda merasa tidak nyaman sehingga sulit untuk tidur nyenyak pada malam hari, sehingga pada siang haru Anda mudah merasa mengantuk dan lelah.

Untuk menjaga kondisi kehamilan, sebaiknya Anda tetap menghindari soft drinks dan kopi karena kalaupun kantuk lenyap, itu hanya bersifat sementara. Lebih baik istirahat cukup dan mengkonsumsi cemilan yang sehat agar tetap berenergi dan tidak cepat merasa lelah.

Jika telah mengkonsumsi makanan sehat dan memperbanyak istirahat namun rasa lelah dan kantuk berlebih tetap menyerang, sebaiknya cepat konsultasikan keluhan tersebut pada dokter kandungan Anda. Hal ini agar Anda cepat mendapat pananganan yang tepat dan menjauhkan kandungan Anda dari hal-hal tak terduga yang tidak diinginkan.