Kanker Vagina Dan Pengobatannya

DokterSehat.Com – Vagina merupakan bagian pembukaan dari organ kelamin wanita, tentu saja tak ada yang ingin mengalami serangan kanker pada bagian ini. Namun, bagaimana jika Anda telah mengalaminya? Adakah metode pengobatan kanker vagina yang dapat menuntaskan masalah kanker tersebut? Tentu saja semua wanita berharap untuk mendapatkan solusi medis yang tepat. Mari kita perhatikan bagaimana dilakukannya pemeriksaan medis pada penderita kanker vagina. Mulai dari pemeriksaan untuk deteksi dini hingga pengobatan yang sesuai dengan kondisi pasien, seperti apakah ini?



Tes untuk mendiagnosis keberadaan kanker vagina dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan panggul dan Pap Smear  untuk melihat adanya kelainan pada area vagina yang menjadi pertanda keberadaan kanker. Jika memang ditemukan adanya kelainan tersebut, dokter akan melanjutkan pemeriksaan lainnya, misalnya; pemeriksaan dengan alat pembesar khusus yang disebut kolposkopi dan pengambilan contoh jaringan yang diduga sebagai kanker (biopsi) untuk diperiksa ke laboratorium, guna menentukan ada atau tidaknya sel kanker pada jaringan sel yang diambil itu.

Sewaktu hasilnya dinyatakan sebagai kanker, maka dokter akan melakukan pemeriksaan lainnya, kali ini tujuannya ialah menentukan stadium kanker dalam tubuh Anda. Stadium kanker perlu diketahui sehingga Anda tidak terlambat saat mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan. Pemeriksaan ini mencakup tes pencitraan berupa; CT-scan, MRI, sinar-X, atau PET. Selain itu, pemeriksaan dengan menggunakan kamera kecil yang dimasukan kedalam tubuh juga perlu dilakukan guna mengetahui apakah kanker telah menyebar kebagian tubuh lainnya, misal kandung kemih.

Prosedur yang dilakukan sebelum proses pengobatan kanker vagina ini akan menunjukan beberapa tingkat stadium kanker vagina yang Anda alami. Pada stadium 1, sel kanker mungkin masih berada disekitar dinding vagina. Pada stadium 2, sel kanker mulai menyebar ke jaringan yang dekat dengan vagina. Pada stadium 3, sel kanker menyebar ke area panggul. Pada stadium 4, sel kanker mulai menyerang kandung kemih, rektum, bahkan mencapai hati. Semakin tinggi angka yang menunjukan tingkatan stadium, semakin berbahaya akibat yang diberikan oleh penyakit tersebut.

Baca Juga:  Apakah Lupus Mematikan

Pengobatan kanker vagina dapat berupa pengangkatan jaringan yang terinfeksi melalui proses pembedahan, bisa juga dilakukan dengan metode radiasi, atau menggunakan obat-obatan kemoterapi. Namun, biasanya melibatkan ketiga metode tersebut dan dilakukan secara bertahap. Mari kita perhatikan ulasan lebih jauh dari ketiga metode ini, mulai dari pembedahan. Operasi pembedahan bergantung seberapa parah dan seberapa luas kanker, metode ini dibagi menjadi 3 yaitu; pengangkatan tumor kecil, pengangkatan vagina, dan pengangkatan sebagian besar organ panggul.

Bagaimana dengan metode radiasi? Terapi radiasi biasanya dilakukan dengan menggunakan sinar bertenaga tinggi yang dapat membunuhsel kanker. Hal ini dapat dilakukan dengan du acara, yaitu; radiasi ekternal yang dilakukan dengan bantuan mesin radiasi yang besar, dan radiasi internal dilakukan dengan memasukkan alat pemancar yang memiliki gelombang radioaktif kedalam tubuh Anda. Sedangkan kemoterapi dilakukan dengan bantuan obat-obatan kimia yang khusus digunakan dalam mengobati kanker, berdasarkan pengawasan dokter juga digunakan saat radiasi!