Kanker Vagina (2)

DokterSehat.Com – Tanda dan gejala kanker vagina meliputi nyeri atau perdarahan vagina abnormal.



Kanker vagina sering tidak menimbulkan tanda-tanda awal atau gejala. Ini dapat ditemukan selama pemeriksaan panggul rutin dan tes Pap. Tanda dan gejala dapat disebabkan oleh kanker vagina atau kondisi lain. Periksakan ke dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari berikut:

  • Perdarahan atau discaj yang tidak terkait dengan periode menstruasi.
  • Nyeri selama hubungan seksual.
  • Nyeri di daerah panggul.
  • benjolan di vagina.
  • Nyeri saat buang air kecil.

Pemeriksaan yang memeriksa vagina dan organ lainnya di panggul digunakan untuk mendeteksi (menemukan) dan mendiagnosa kanker vagina.

Tes dan prosedur berikut dapat digunakan:

  • Pemeriksaan fisik dan riwayat medis: pemerikssaan fisik dilakukan untuk memeriksa tanda-tanda kesehatan umum, termasuk memeriksa tanda-tanda penyakit, seperti benjolan atau hal lain yang tampaknya tidak biasa. Riwayat kesehatan pasien dan penyakit masa lalu dan perawatan juga akan ditanyakan dan dievaluasi.
  • Pemeriksaan panggul: pemeriksaan vagina, leher rahim, rahim, tabung tuba, ovarium, dan rektum. Dokter atau perawat memasukkan satu atau dua dilumasi, jari bersarung dari satu tangan ke dalam vagina dan menempatkan sisi lain atas perut bagian bawah untuk merasakan ukuran, bentuk, dan posisi uterus dan ovarium. Sebuah spekulum juga dimasukkan ke dalam vagina dan dokter atau perawat melihat vagina dan leher rahim untuk tanda-tanda penyakit. Tes Pap atau Pap smear serviks biasanya dilakukan. Dokter atau bidan juga akan memasukkan jari tangan yang bersarung dan dilumasi ke dalam rektum untuk merasakan benjolan atau daerah abnormal di vagina dan sekitarnya.
  • Pemeriksaan panggul. dokter atau bidan memasukkan satu atau dua jari tangan yang bersarung dan dilumasi ke dalam ke dalam vagina dan menekan pada perut bagian bawah dengan tangan yang lain. Hal ini dilakukan untuk merasakan ukuran, bentuk, dan posisi uterus dan ovarium. Vagina, leher rahim, saluran tuba, dan rektum juga diperiksa.
  • Tes Pap: Sebuah prosedur untuk mengumpulkan sel dari permukaan leher rahim dan vagina. Sepotong kapas, kuas, atau tongkat kayu kecil digunakan untuk lembut mengikis sel-sel dari leher rahim dan vagina. Sel-sel dilihat di bawah mikroskop untuk mengetahui apakah mereka tidak normal. Prosedur ini juga disebut Pap smear.
  • Tes Pap. Sebuah spekulum dimasukkan ke dalam vagina untuk memperluas itu. Kemudian, kuas dimasukkan ke dalam vagina untuk mengumpulkan sel dari leher rahim. Sel-sel yang diperiksa di bawah mikroskop untuk tanda-tanda penyakit.
  • Kolposkopi: Sebuah prosedur di mana kolposkop (suatu alat yang bersenter) dimasukkan untuk memeriksa vagina dan leher rahim untuk daerah abnormal. sampel jaringan dapat diambil menggunakan kuret (alat berbentuk sendok) dan diperiksa di bawah mikroskop untuk tanda-tanda penyakit.
  • Biopsi: Pengangkatan sel atau jaringan dari vagina dan leher rahim sehingga mereka dapat dilihat di bawah mikroskop oleh ahli patologi untuk memeriksa tanda-tanda kanker. Jika tes Pap menunjukkan sel-sel abnormal pada vagina, biopsi dapat dilakukan selama kolposkopi.