Kanker Usus Bisa Dideteksi Melalui Buang Air Besar

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit berbahaya namun cenderung jarang disadari oleh penderitanya adalah penyakit kanker usus. Padahal, penyakit ini sangatlah berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Menurut pakar kesehatn Benny Philippi, sebenarnya penyakit kanker usus bisa dideteksi dengan cara yang meskipun terkesan jorok, namun cukup mudah dilakukan, yakni dengan mengecek buang air besar kita.

doktersehat-Enkopresis-Gastroenteritis-Peritonitis

Menurut dr Benny, memang setiap orang memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Ada yang cukup lancar buang air besar sehari sekali, namun tak jarang pula ditemui orang yang baru bisa buang air besar beberapa hari sekali. Hal ini bukanlah masalah besar asalkan frekuensi ini cenderung stabil dan banyak perubahan. Namun, jika terjadi perubahan frekuensi buang air besar, sebagai contoh bagi mereka yang rutin buang air besar setiap hari namun tiba-tiba jarang buang air besar, maka bisa jadi ini adalah tanda dari adanya kanker usus.

Menurut dr Benny, perubahan frekuensi buang air besar ini bisa jadi menunjukkan adanya tumor pada bagian usus sebelah kiri sehingga kotoran yang padat akan sulit dibuang. Selain masalah buang air besar, andai buang air besar berhasil dilakukan, ada rasa kurang tuntas atau perut yang masih penuh. Dr Benny juga menyebutkan jika seringkali buang air besar yang berhasil dilakukan akan disertai dengan darah karena adanya pendarahan pada ussu besar ini. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka penderitanya beresiko akan mengalami anemia dan tubuh yang cenderung lemas. Selain itu, perut juga akan terasa sangat nyeri dalam waktu yang lama.

Jika gejala-gejala ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan kanker usus menjadi semakin parah dan membuat nafsu makan penderitanya akan berkurang dengan signifikan. Pada akhirnya, penderita kanker usus akan mengalami penurunan drastis berat badan. Untuk menghindari hal ini berlanjut menjadi semakin parah, cobalah untuk memeriksakan kondisi anda ke dokter andai merasakan ada hal yang aneh saat buang air besar.