Kanker Usus Besar/ Kanker Kolorektal – Stadium

Stadium kanker usus besar dapat dibedakan menjadi:

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada-Inkontinensia-Usus

Kanker Kolon Stadium 0
Tahap 0 kanker usus besar adalah kanker sangat dini. Kanker ditemukan hanya pada lapisan terdalam dari usus besar.

Kanker Kolon Stadium 1
Kanker telah menyebar di luar lapisan paling dalam usus besar untuk lapisan kedua dan ketiga dan melibatkan dalam dinding usus besar. Kanker belum menyebar ke dinding luar usus besar atau di luar usus besar.

Kanker Kolon Stadium 2
Tumor meluas melalui dinding otot usus besar, tetapi tidak ada kanker di kelenjar getah bening (struktur kecil yang ditemukan di seluruh tubuh yang memproduksi dan menyimpan sel yang melawan infeksi).

Kanker Kolon Stadium 3
Kanker telah menyebar di luar usus besar untuk satu atau lebih kelenjar getah bening (struktur kecil yang ditemukan di seluruh tubuh yang memproduksi dan menyimpan sel yang melawan infeksi).

Kanker Kolon Stadium 4
Kanker telah menyebar di luar usus besar ke bagian lain dari tubuh, seperti hati atau paru-paru. Tumor dapat memiliki berbagai ukuran dan tidak harus melibatkan kelenjar getah bening, yang terpenting adalah tumor melibatkan organ lain yang jauh letaknya.

Stadium Kanker Rektum
Kanker rektum ditentukan stadiumnya melalui banyak cara yang sama seperti kanker kolon, tetapi karena tumor ini memiliki posisi yang jauh lebih dari kolon, pilihan pengobatan dapat bervariasi.

Kanker Rektum Stadium 0
Pada tahap 0 kanker rektum, tumor ini terletak hanya pada lapisan dalam rektum. Untuk mengobati kanker tahap awal ini, operasi dapat dilakukan untuk menghilangkan tumor atau bagian kecil dari rektum mana kanker berada dapat dihapus.

Kanker Rektum Stadium 1
Ini adalah bentuk awal atau bentuk terbatas kanker. Tumor telah menembus lapisan dalam rektum tapi belum berhasil melewati dinding otot.

Baca Juga:  Kanker Usus Besar/ Kanker Kolorektal - Pengobatan

Kanker Rektum Stadium 2
Kanker ini sedikit lebih maju. Tumor telah menembus semua jalan melalui dinding usus dan mungkin telah menginvasi organ lain, seperti kandung kemih, rahim, atau kelenjar prostat.

Kanker Rektum Stadium 3
Tumor telah menyebar ke kelenjar getah bening (struktur kecil yang ditemukan di seluruh tubuh yang memproduksi dan menyimpan sel yang melawan infeksi).

Kanker Rektum Stadium 4
Tumor telah menyebar ke bagian tubuh yang jauh (metastasis). Tumor bisa saja memiliki ukuran yang tidak besar. Hati dan paru-paru dua tempat favorit untuk kanker rektum menyebar.