Kanker Tulang – Definisi dan Penyebaran

Kanker tulang adalah kanker yang berkembang ketika sel-sel di tulang membelah diri tanpa kontrol, membentuk suatu massa dari jaringan. Sebagian besar tumor tulang jinak, yang berarti mereka tidak ganas dan tidak dapat menyebar. Namun, tumor jinak itu dapat melemahkan tulang dan menyebabkan patah tulang atau menyebabkan masalah lain, sedangkan kanker tulang yang bersifat ganas akan menghancurkan jaringan tulang yang normal dan dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh (disebut metastasis).

doktersehat-kanker-tulang-treadmill-baik-turunkan-kadar-gula

Tumor Jinak Tulang
Tumor jinak lebih umum daripada tumor ganas tulang. Ini adalah jenis umum beberapa tumor tulang jinak:

  • Osteochondroma adalah tumor tulang yang jinak yang paling sering. Hal ini lebih serig terjadi pada orang di bawah usia 20 tahun.
  • Tumor sel raksasa (Giant Cell Tumor) adalah tumor jinak, biasanya mempengaruhi kaki (jenis ganas dari tumor ini jarang terjadi).
  • Osteoid osteoma adalah tumor tulang, sering terjadi pada tulang panjang, yang biasanya terjadi pada awal usia 20 tahunan.
  • Osteoblastoma adalah tumor tunggal yang terjadi di tulang belakang dan tulang panjang, kebanyakan pada orang dewasa muda.
  • Enchondroma biasanya muncul di tulang tangan dan kaki. Enchondroma ini sering tidak memiliki gejala. Ini adalah jenis yang paling umum dari tumor tangan.

Kanker Metastatik
Ketika orang memiliki kanker di tulang, seringkali kanker itu adalah kanker yang telah menyebar di tulang dari tempat lain dalam tubuh. Hal ini disebut sebagai kanker metastatik. Meskipun menyebar ke tulang, namun kanker ini tidak dianggap sebagai kanker tulang karena sel-sel tumor berasal dari kanker primer. Misalnya, seseorang dengan kanker paru-paru yang telah menyebar ke tulang dianggap memiliki kanker paru-paru dengan metastasis ke tulang – bukan kanker paru-paru dan kanker tulang.

Baca Juga:  Kanker Tulang - Gejala dan Pengobatan

Kanker yang umumnya menyebar ke tulang meliputi:

  • Kanker payudara
  • Kanker prostat
  • Kanker paru-paru

Sarkoma Tulang Primer
Sarkoma tulang primer merupakan tumor yang terbentuk pertama di tulang. Frekuensi sarkoma masih lebih sedikit dari kanker metastatik. Penyebab sarkoma tulang tidak pasti, namun faktor keturunan mungkin memainkan peran. Dosis tinggi terapi radiasi atau kanker obat dapat meningkatkan risiko kanker jenis ini. Berikut ini adalah beberapa jenis kanker tulang yang paling sering:

Osteosarkoma dimulai pada sel-sel tulang dan yang paling umum di sekitar lutut dan lengan atas. Kebanyakan ditemukan pada remaja dan dewasa muda. Bentuk dewasa dari tumor ini biasanya terlihat pada orang dengan penyakit tulang Paget yang memang sebelumnya sudah ada.

Sarkoma Ewing juga terlihat pada orang yang lebih muda antara usia 5–20 tahun. Tulang rusuk, panggul, kaki, dan lengan atas adalah tempat yang paling sering diserang. Biasanya muncul di tulang, tetapi juga dapat dimulai dalam jaringan lunak di sekitar tulang.

Chondrosarcoma terjadi paling sering pada orang antara usia 40–70 tahun. Tulang pinggul, panggul, kaki, lengan, dan bahu adalah bagian tubuh yang sering diserang kanker ini, yang dimulai di sel tulang rawan.

Meskipun hampir selalu ditemukan di tulang, multiple myeloma bukan kanker tulang primer. Ini adalah kanker sumsum tulang. Sumsum tulang adalah jaringan lunak di dalam tulang.