Kanker Tiroid – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

doktersehat-pembesaran-tonsil-kelenjar-gondok-amandel-tenggorokan-Hipotiroidisme-Kelenjar-Tiroid-Hipotiroid-Hipertiroid-mual-gangguan-kelenjar-tiroid

DokterSehat.Com– Kanker tiroid adalah penyakit ketika sel-sel abnormal mulai tumbuh di kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak di bagian depan leher. Orang awam sering kali menyebutnya “kelenjar gondok”.  Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang membuat hormon dan mengatur cara tubuh menggunakan energi dan membantu tubuh bekerja secara normal.

Kanker tiroid adalah jenis kanker yang jarang terjadi. Kebanyakan orang yang mengidapnya, mendapatkan hasil perawatan yang baik  karena kanker ini biasanya ditemukan sejak dini dan perawatan bekerja dengan baik. Setelah perawatan, kanker tiroid mungkin kembali dan kadang-kadang bertahun-tahun setelah pengobatan.

Penyebab Kanker Serviks

Tidak jelas apa penyebab kanker tiroid. Kanker tiroid terjadi ketika sel-sel di tiroid mengalami perubahan genetik (mutasi). Mutasi memungkinkan sel tumbuh dan berkembang biak dengan cepat. Sel-sel juga kehilangan kemampuan untuk mati, seperti sel-sel normal. Akumulasi sel-sel tiroid abnormal membentuk tumor. Sel-sel abnormal dapat menyerang jaringan di dekatnya dan dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Orang-orang yang sering terkena radiasi memiliki kesempatan lebih besar terkena kanker tiroid.

Jenis Kanker Tiroid
Jenis kanker tiroid yang dimiliki seseorang menentukan pengobatan dan prognosis. Jenis kanker tiroid ini meliputi:

  • Kanker tiroid papiler. Bentuk kanker tiroid yang paling umum, kanker tiroid papiler muncul dari sel-sel folikel, yang menghasilkan dan menyimpan hormon tiroid. Kanker tiroid papiler dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi paling sering terjadi pada orang yang berusia 30-50 tahun.
  • Kanker tiroid folikular. Kanker tiroid folikular juga muncul dari sel-sel folikel tiroid. Ini biasanya memengaruhi orang yang lebih tua dari usia 50 tahun. Kanker sel Hilang adalah jenis kanker tiroid folikuler yang jarang dan berpotensi lebih agresif.
  • Kanker tiroid meduler. Kanker tiroid meduler dimulai pada sel-sel tiroid yang disebut sel C, yang menghasilkan hormon kalsitonin. Peningkatan kadar kalsitonin dalam darah dapat mengindikasikan kanker tiroid meduler pada stadium awal. Sindrom genetik tertentu meningkatkan risiko kanker tiroid meduler, meskipun hubungan genetik ini jarang terjadi.
  • Kanker tiroid anaplastik. Kanker tiroid anaplastik adalah kanker langka dan berkembang pesat yang sangat sulit diobati. Kanker tiroid anaplastik biasanya terjadi pada orang dewasa usia 60 dan lebih tua.
  • Limfoma tiroid. Limfoma tiroid adalah bentuk langka kanker tiroid yang dimulai pada sel-sel sistem kekebalan di tiroid dan tumbuh sangat cepat. Limfoma tiroid biasanya terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.

Komplikasi Kanker Tiroid
Meskipun sudah diobati, kanker tiroid bisa kembali atau kambuh, bahkan jika telah menghilangkan kanker tiroid. Ini bisa terjadi jika sel kanker mikroskopis menyebar di luar tiroid sebelum dibuang.

Kanker tiroid bisa kambuh:

  • Kelenjar getah bening di leher
  • Potongan kecil jaringan tiroid yang tertinggal selama operasi
  • Area lain dari tubuh

Kanker tiroid yang kambuh dapat diobati. Dokter dapat merekomendasikan tes darah berkala atau pemindaian tiroid untuk memeriksa tanda-tanda kekambuhan kanker tiroid.

Gejala Kanker Tiroid

Kanker tiroid dapat dikenali dengan melihat tanda pada tubuh, terutama pada sistem pernapasan, meliputi:

  • Benjolan atau pembengkakan di leher Anda – gejala yang paling umum
  • Sakit di leher dan kadang-kadang di telinga
  • Kesulitan menelan
  • Kesulitan bernapas atau mengi konstan
  • Suara serak
  • Sering batuk yang yang tidak terkait dengan dingin

Beberapa orang mungkin tidak memiliki gejala apapun. Dokter dapat menemukan benjolan atau nodul di leher selama pemeriksaan fisik rutin.

Diagnosis Kanker Tiroid

Jika memiliki benjolan di leher yang bisa menjadi kanker tiroid, dokter mungkin akan melakukan biopsi kelenjar tiroid untuk memeriksa sel-sel kanker. Biopsi adalah prosedur sederhana di mana sepotong kecil jaringan tiroid dihapus, biasanya dengan jarum dan kemudian diperiksa.

Kadang-kadang hasil dari biopsi tidak jelas. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu pembedahan untuk mengangkat semua atau sebagian kelenjar tiroid Anda sebelum Anda mengetahui apakah Anda menderita kanker tiroid.

Mengobati Kanker Tiroid

Kanker tiroid diobati dengan pembedahan dan dengan radioaktif yodium. Kanker tiroid jarang membutuhkan terapi radiasi atau kemoterapi. Perawatan apa yang Anda butuhkan tergantung pada usia pasien, jenis kanker tiroid, dan stadium penyakit. Stadium mengacu pada seberapa parah penyakit ini dan seberapa jauh kanker telah menyebar.

Mengetahui bahwa pasien memiliki kanker dapat menjadi suatu beban pikiran. Wajar jika pasien merasa takut, sedih, atau bahkan marah. Berbincang-bincang atau berbagi cerita dengan orang lain yang telah menderita kanker tiroid dapat membantu. Tanyakan kepada dokter tentang kelompok dukungan kanker di daerah pasien.

Pencegahan Kanker Tiroid

Kebanyakan kanker tiroid tidak dapat dicegah. Salah satu tipe yang jarang dari kanker tiroid disebut kanker tiroid meduler (MTC), yang diturunkan dalam keluarga. Tes genetik dapat memberitahu jika seseorang memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan MTC. Jika tes ini menunjukkan bahwa seseorang memiliki peningkatan risiko untuk terkena, dia dapat memilih menjalani operasi pengambilan kelenjar tiroid untuk mengurangi risiko kanker tiroid di kemudian hari.