Kanker Pita Suara Bisa Disebabkan Oleh Asam Lambung

DokterSehat.Com – Jika kita mendengar kata kanker pita suara atau yan lebih kerap dikenal sebagai kanker laring, maka kita tentu akan berpikir tentang sebuah penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok. Sayangnya, kanker pita suara tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan buruk ini. Pakar kesehatan menyebutkan jika masalah kesehatan yang kerap dianggap sepele, yakni naiknya asam lambung, ternyata bisa memicu masalah kanker pita suara. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-faringitis

Pakar kesehatan spesialis THT dari Siloam Lippo Village bernama dr. Pulo Saoloon, Sp. THT mengungkapkan fakta dimana ada sebuah penelitian terbaru dimana selain paparan kandungan beracun rokok, naiknya asam lambung ternyata juga dapat menjadi pemicu kanker pita suara. Padahal, banyak dari kita yang sering merasakan sensasi bagian dada atau ulu hati yang terasa sangat tidak nyaman layaknya terbakar yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ini. Tanpa disadari, naiknya asam lambung ke bagian tenggorokan ternyata mampu membuat iritasi parah pada pita suara dan bagian tenggorokan lainnya. Kita tentu sering merasa tidak nyaman dan nyeri pada tenggorokan atau bahkan mengalami suara serak pada tenggorokan begitu asam lambung naik, bukan? Dalam beberapa kasus, area pita suara bahkan bisa muncul sebuah benjolan akibat refluks asam lambung ini.

Dr. Pulo pun menyarankan kita untuk lebih berhati-hati agar tidak mudah terkena refluks asam lambung, khususnya di malam hari. Caranyapun sederhana, yakni berhenti makan setidaknya dua jam sebelum tidur, dan hindarilah makanan pedas, berlemak, atau goreng-gorengan yang bisa memicu refluks asam lambung. Selain itu, andai kita mengalami naiknya asam lambung dan cenderung sulit mereda hingga membuat suara kita serak, ada baiknya untuk segera diperiksakan ke dokter untuk menghindari resiko munculnya kanker pita suara.