Kanker Payudara Tak Selalu Ditandai dengan Benjolan

Doktersehat.com – Kanker payudara menjadi ancaman tersendiri bagi kesehatan kaum wanita. Biasanya kanker payudara ditandai dengan adanya benjolan di bagian payudara. Tapi Anda patut waspada karena kanker juga bisa mengganas tanpa menunjukkan adanya benjolan.

doktersehat-menstruasi-payudara-sakit-galaktorea

Menurut Dr. Alfiah Amiruddin, MD, MS, ada 20 jenis kanker payudara yang menunjukkan tanda-tandanya dengan benjolan. Namun tak seperti jenis kanker payudara yang lain, inflammatory breast cancer sama sekali tidak menunjukkan adanya benjolan. Gejala awal yang ditunjukkan berupa peradangan seperti bekas gigitan serangga.

Kanker ini tergolong jenis yang paling ganas.  Kanker jenis ini akan memblokir pembuluh getah bening yang berfungsi menjaga cairan getah bening yang bergerak pada payudara. Akibatnya, payudara menjadi memerah, bengkak, dan terasa hangat, seperti terinfeksi dan meradang. Selain itu, pembengkakan juga bisa mengakibatkan banyak cekungan kecil di kulit.

Kanker jenis ini sulit dideteksi lebih awal oleh penderitanya. Akibatnya, penderita baru menyadari ada yang tidak beres dengan payudara setelah kanker menyebar ke bagian organ lainnya.

“Untuk itu, penting dilakukannya screening bagi wanita berusia di atas usia 40 tahun, apalagi kalau memiliki riwayat keluarga, ibu, tante atau nenek yang menderita kanker payudara, itu naik satu step,” tutur Dr Alfiah.

Dr Alfiah menyarankan wanita berusia di atas 40 tahun untuk melakukan screening atau mamografi tiap tahun. Melalui pemeriksaan tersebut akan diketahui jika ada pengapuran di payudara, yang merupakan tanda adanya kanker.