Kanker Otak – Pengertian

Kanker otak adalah kondisi dimana terjadi pertumbuhan abnormal sel di otak. Kanker otak bisa timbul dari sel otak primer, atau dari sel-sel yang membentuk komponen otak lainnya (misalnya selaput otak, pembuluh darah), atau dari pertumbuhan sel kanker yang berkembang di organ lain dan yang telah menyebar ke otak oleh aliran darah (metastasis atau kanker otak sekunder).

kanker otak doktersehat

Meski banyak pertumbuhan di otak yang populer disebut tumor otak, tidak semua tumor otak bersifat kanker. Tumor hanyalah sekumpulan sel yang tumbuh berlebihan. Tumor jinak atau benigna terdiri dari sel-sel yang tidak bersifat ganas. Tumor ganas atau maligna adalah sekumpulan sel-sel yang terdiri dari sel kanker dan bersifat ganas. Kanker adalah istilah yang dicadangkan untuk tumor ganas. Tumor ganas terdiri dari sel-sel yang tumbuh secara agresif dan abnormal yang disebut sel kanker.

Tumor ganas tumbuh dan menyebar secara agresif, menyerang dan menyebar ke daerah jaringan sehat, dan kemudian menyengsarakannya dengan mengambil ruang, darah, dan nutrisi mereka. Seperti semua sel tubuh, sel tumor membutuhkan darah dan nutrisi untuk bertahan hidup. Ini menjadi masalah di otak, karena perluasan massa yang disebabkan oleh pertumbuhan tambahan di dalam tengkorak yang merupakan ruang tertutup dapat menyebabkan peningkatan tekanan di dalam ruang di dalam kepala (tekanan intrakranial) atau distorsi area otak, menyebabkan mereka gagal untuk bekerja dengan baik. Tumor otak ganas dan jinak dapat menyebabkan masalah peningkatan tekanan intrakranial dan efek-efeknya. Tumor otak ganas yang biasanya menyebabkan masalah seperti itu lebih agresif dan pertumbuhannya lebih cepat daripada tumor otak jinak.

Hampir semua tumor yang dimulai di otak tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Perbedaan utama lainnya antara tumor jinak dan ganas adalah tumor ganas dapat menyerang jaringan otak lainnya dan tumbuh dengan cepat, sedangkan tumor jinak biasanya tidak menyerang jaringan otak lainnya namun hanya mendorong jaringan sekitarnya, serta tumbuh dengan lebih lambat.

Baca Juga:  Kanker Otak - Klasifikasi: Tumor Otak Primer

Secara umum, tumor jinak kurang serius dibanding tumor ganas. Namun, tumor jinak masih bisa menimbulkan banyak masalah di otak meskipun biasanya masalah berkembang lebih lambat

Terkadang orang bingung dengan antara kondisi aneurisma otak dengan tumor otak. Aneurisma otak bukan tumor, aneurisma otak adalah daerah di arteri otak atau pembuluh darah yang secara abnormal lemah dan berkembang membentuk balon pada pembuluh darah atau perluasan dinding pembuluh darah. Aneurisma jarang menghasilkan gejala kecuali mereka mulai berdarah ke jaringan otak di sekitarnya atau jika balon yang dihasilkan aneurisma menjadi pecah. Aneurisma dapat kongenital (hadir dari lahir) atau berkembang atau terbentuk di pembuluh otak setelah beberapa lama kehidupan (misalnya, setelah kecelakaan, aterosklerosis/pengerasan dinding pembuluh darah, tekanan darah tinggi) namun tidak terbentuk dari sel kanker. Sayangnya, bila aneurisma menghasilkan gejala, gejala bisa menyerupai tumor otak.