Tanda dan Pencegahan Kanker Mulut yang Harus Anda Kenali

Doktersehat-kanker-mulut-tanda-dan-pencegahan
Photo Credit: Flickr.com/Ines Stenzel

DokterSehat.com – Kanker mulut adalah kanker yang tumbuh dan berkembang di dalam mulut. Kanker ini bisa berkembang pada bibir, lidah, gusi, dinding dan langit-langit mulut. Semua gangguan ini membuat mulut terasa kesat.

Kanker mulut ini dapat menyebar secara langsung ke jaringan-jaringan di sekitar mulut atau melalui kelenjar getah bening. Kanker mulut termasuk jenis kanker yang jarang terjadi, yaitu hanya sekitar 2 persen dari seluruh kasus kanker yang ada.

Pada beberapa kasus, kanker mulut menyerang lansia berusia 50-75 tahun dan lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Namun kanker ini juga dapat terjadi pada kalangan dewasa muda, terutama akibat infeksi HPV (human papillomavirus). Selain itu, kanker mulut juga umum ditemukan pada mereka yang rutin mengonsumsi alkohol dan tembakau.

baca juga: Obat Tradisional Kanker Mulut Akut

Tanda Kanker Mulut

Berikut ini adalah tanda awal kanker mulut:

  1. Benjolan

Selain muncul luka, gejala kanker mulut lain yang kerap muncul adalah benjolan di dinding mulut. Benjolan cukup terlihat, terasa dan akan menimbulkan rasa nyeri bila ditekan. Selain benjolan di dinding mulut, benjolan juga bisa terjadi di pipi bagian dalam, benjolan di bibir dalam, dan benjolan di gusi belakang.

  1. Muncul bercak putih

Muncul bercak berwarna putih, merah, ataupun berbintik-bintik yang bertekstur seperti beludru di dalam mulut. Bercak-bercak putih ini disebut sebagai leukoplakia, merupakan ciri kanker mulut yang paling umum.

  1. Muncul sisik

Bentuk kanker mulut lain yang kadang muncul adalah bentukan sisik pada permukaan mulut. Sisik ini adalah lapisan kanker yang muncul dan melekat pada dinding mulut. Ciri-ciri kanker mulut ini juga bisa menimbulkan efek kebas dan nyeri.

  1. Gusi melunak

Ciri-ciri kanker mulut lain yang kerap muncul adalah melunaknya gusi. Gusi mengalami kerusakan jaringan hingga tidak lagi bisa menopang gigi. Akibatnya gigi menjadi mudah tanggal.

  1. Luka yang tak kunjung sembuh

Kanker bisa terlihat jika adanya luka atau sakit pada wajah, leher, serta ulcus atau sariawan dalam mulut yang tidak hilang dalam waktu 2 minggu.

  1. Mati rasa

Gejala kanker mulut juga dapat menyebabkan lidah mati rasa. Hal tersebut mungkin dikarenakan sel kanker telah menyebar ke lidah Anda. Hal ini tentu membuat seseorang tidak dapat merasakan rasa dari makanan, sehingga menurunkan nafsu makan dan juga berat badan.

baca juga: Tumbuh Benjolan Di Lidah Apakah Tanda Gejala Kanker Mulut?

Pemeriksaan Mandiri Kanker Mulut

Berikut ini adalah beberapa petunjuk yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa kesehatan rongga mulut.

  • Lakukan penekanan di sepanjang leher apakah ada benjolan dan kekakuan.
  • Tarik bibir bawah dan lihat apakah ada perubahan warna dan rasa sakit, kemudian raba dan rasakan apakah ada benjolan yang tidak semestinya. Lakukan hal yang sama pada bibir atas.
  • Buka mulut dan tarik pipi dengan salah satu jari di dalam mulut dan ibu jari di luar, kemudian lakukan pemeriksaan apakah ada perubahan warna, luka serta benjolan yang tidak semestinya.
  • Kepala di tarik kebelakang dan buka mulut dengan lebar, kemudian lakukan perabaan pada dasar mulut apakah ada benjolan serta perubahan warna.

Jika ditemukan keadaan yang tidak semestinya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jika gangguan ini tidak sembuh dalam dua minggu maka Anda harus mendapatkan perhatian khusus.

Penanganan Kanker Mulut

Kanker mulut stadium awal memiliki kemungkinan tertinggi untuk sembuh total. Sementara kanker mulut stadium menengah mungkin dapat disembuhkan. Tetapi kanker mulut stadium lanjut umumnya tidak dapat disembuhkan dan penanganan yang dilakukan hanya untuk meringankan gejala serta memperlambat penyebaran kanker.

Langkah-langkah penanganan untuk kanker mulut meliputi operasi, kemoterapi, dan radioterapi. Ketiga langkah ini sering dikombinasikan guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Kanker mulut stadium awal dapat diatasi dengan operasi menggunakan sinar laser. Prosedur ini disebut photodynamic therapy (PDT). Tetapi jika kanker sudah menyebar ke bagian lain tubuh, maka pengangkatan tumor disertai jaringan sehat di sekitarnya perlu dilakukan.

baca juga: Sariawan Tak Lekas Sembuh Pertanda Kanker Rongga Mulut

Tiap langkah pengobatan tentu memiliki risiko komplikasi. Begitu juga dengan penanganan kanker mulut. Kesulitan menelan dan gangguan kemampuan bicara adalah komplikasi utama yang dapat terjadi setelah Anda menjalani operasi dan radioterapi.

Kesulitan menelan termasuk komplikasi yang serius karena dapat menyebabkan kekurangan gizi serta memicu pneumonia aspirasi akibat adanya makanan yang masuk ke saluran pernapasan dan tersangkut di paru-paru.