Kanker Mata (Retinoblastoma) – Pencegahan

Kanker-Mata-Retinoblastoma-doktersehat

Pemeriksaan penyaring  bagi anak yang memiliki riwayat kanker mata pada keluarga merupakan pencegahan yang paling baik untuk retinoblastoma, mengingat penemuan dini sangat menentukan keberhasilan pengobatan.

Lebih dari 90% dari anak-anak akan bertahan hidup lebih dari lima tahun setelah didiagnosis dengan kanker mata. Kemampuan pengelihatan dipertahankan tergantung pada sejauh mana penyakit, serta pengobatan yang dipilih.

Bentuk kanker mata yang diwariskan lebih mungkin untuk terulang kembali beberapa tahun setelah pengobatan. Oleh karena itu, tindak lanjut jangka pendek setelah pengobatan penting untuk pasien jenis ini.

Pencegahan Kanker Mata

Karena faktor keturunan dan usia berperan besar pada retinoblastoma, pencegahan terbaik adalah melalui deteksi dini. Semua bayi harus melakukan pemeriksaan umum saat lahir, meliputi pemeriksaan mata dan kemudian diulang lagi selama tahun pertama kehidupan (biasanya dijadwalkan pada usia 2, 4, 6, 9, dan 12 bulan).

Seorang anak juga harus memiliki ujian reguler untuk usia 15, 18, dan 24 bulan dan setiap tahun setelah itu. Pada kunjungan-kunjungan yang dijadwalkan secara rutin, dokter dapat mendeteksi masalah bawaan yang serius atau munculnya tumor retina.

Bayi yang baru lahir dengan riwayat keluarga retinoblastoma harus memiliki pemeriksan mata yang lebih menyeluruh, kemudian di beberapa minggu usia kehidupan dan setiap beberapa bulan seperti yang diarahkan oleh dokter anak. Jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa tentang mata anak Anda di antara kunjungan yang dijadwalkan secara rutin, segera hubungi dokter.

Dalam beberapa kasus retinoblastoma, ada mutasi genetik yang bertanggung jawab untuk penyakit ini. Pemeriksaan DNA darah dapat digunakan di pilih kasus untuk menyaring mutasi ini. Untuk mereka yang memiliki riwayat keluarga retinoblastoma, tes ini dapat direkomendasikan.

Untuk orang dewasa, pencegahan berarti melakukan pemeriksaan mata secara teratur dan menyeluruh setidaknya sekali setahun. Pemeriksaan mata harus lebih sering jika Anda memiliki riwayat gangguan mata atau diabetes pada diri sendiri atau keluarga.

Kanker Mata (Retinoblastoma): 1 2 3