Kanker Mata (Retinoblastoma) – Diagnosis, Stadium, dan Pengobatan

Tes pemeriksaan mata dan pencitraan yang diberikan oleh seorang dokter mata dapat mendiagnosa retinoblastoma.

doktersehat-mata-kesehatan-dokter-Kanker-Mata-Retinoblastoma

Jika retinoblastoma dicurigai, dokter mata akan perlu memeriksa mata dengan menggunakan peralatan khusus untuk melihat retina. Tes-tes lain dapat dilakukan untuk menentukan stadium tumor, atau seberapa jauh ia telah menyebar. Tes ini meliputi USG, MRI scan, CT scan, scan tulang, tes cairan serebrospinal, dan tes sumsum tulang.

Stadium Retinoblastoma Terdiri dari Apa Saja?
Tahapan retinoblastoma termasuk:

  • Retinoblastoma intraokular. Tahap awal retinoblastoma, ditemukan di salah satu atau kedua mata. Ini belum menyebar ke jaringan luar mata.
  • Retinoblastoma ekstraokular. Kanker jenis ini sudah menyebar di luar mata atau ke bagian lain dari tubuh.
  • Retinoblastoma berulang. Kanker telah datang kembali atau menyebar di mata atau ke bagian lain dari tubuh setelah dirawat.

Bagaimana Retinoblastoma Diobati?
Karena biasanya ditemukan sebelum menyebar di luar sclera (area putih pada mata), retinoblastoma sangat dapat disembuhkan. Ada juga banyak jenis pengobatan yang bisa menyelamatkan penglihatan di mata terkena retinoblastoma. Perawatan dipilih berdasarkan stadium kanker pada saat diagnosis. Pilihan meliputi:

  • Laser digunakan untuk membunuh pembuluh darah yang memberi makan tumor.
  • Pemberian terapi suhu sangat rendah digunakan untuk membunuh sel-sel kanker.
  • Kemoterapi adalah pengobatan yang diberikan secara intravena (disuntikkan ke dalam vena), secara oral/ diminum, atau dengan yang disuntikkan ke dalam cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang, yang disebut intratekal kemoterapi. Dosis yang kuat dari obat pembunuh kanker dapat membantu membunuh atau memperlambat pertumbuhan sel kanker.
  • Terapi radiasi. Radiasi dapat diberikan secara eksternal atau internal. Terapi radiasi external-beam menggunakan sinar-X untuk membunuh sel-sel kanker. Radiasi internal, atau terapi radiasi lokal, melibatkan menempatkan sejumlah kecil bahan radioaktif dalam atau dekat tumor untuk membunuh sel-sel kanker.
  • Pembedahan mungkin digunakan untuk mengambil bola mata.