Kanker Leher Dan Kepala

Dokter Sehat – Kanker kepala dan leher (diluar kanker otak, mata dan tulang belakang) rata-rata muncul pada usia 59 tahunan, biasanya kanker kelenjar ludah, kelenjar tiroid atau sinus menyerang usia di bawah 59 tahun dan kanker mulut, tenggorokan (faring) atau laring menyerang usia diatas 59 tahun.



Pada awalnya, kanker kepala dan leher menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya. Dalam waktu 6 bulan sampai 3 tahun, kanker biasanya tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Metastase (penyebaran kanker ke bagian tubuh lainnya) biasanya berasal dari tumor yang besar atau tumor yang menetap dan lebih sering terjadi pada penderita gangguan sistem kekebalan.

Sekitar 85 persen kasus ini dialami oleh mereka yang sering mengkonsumsi rokok dan alkohol, penyebab lainnya bisa disebabkan karena kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga, tidak pasnya penggunaan gigi palsu, serta mengunyah dan menghirup tembakau.

Gejala kanker leher dan kepala :

1.Terdapat Benjolan pada Leher
Biasanya sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya, kanker ini menyebar ke kelenjar getah bening di leher. Periksakanlah ke dokter apabila benjolan ini menetap lebih dari 2 minggu, semua benjolan memang bukanlah kanker, tapi untuk beberapa benjolan di sekitar leher biasanya merupakan pertanda awal dari kanker tenggorokan, mulut, kelenjar tiroid, atau sejenis limfoma ataupun kanker darah.

2.Perubahan Suara
Kanker laring kebanyakan menyebabkan perubahan suara, sebaiknya Anda periksakan ke dokter jika hal ini terjadi lebih dari dua minggu.

3.Adanya sesuatu pertumbuhan di dalam mulut
Kanker mulut atau lidah kebanyakan dapat menyebabkan luka terbuka serta pembengkakan yang tak sembuh-sembuh, biasanya luka tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri kecuali terinfeksi. Dan pada saat stadium lanjut akan terjadi pendarahan.

Baca Juga:  Sekilas Mengenai Kanker Tulang

4.Perdarahan
Seringkali penyebab perdarahan oleh penyakit selain kanker, melainkan tumor di dalam mulut, tenggorokan, hidung atau paru-paru yang dapat menyebabkan pendarahan. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter apabila selama beberapa hari atau lebih di dalam ludah atau dahak terdapat darah.

5.Kesulitan menelan
Penyebab dari kenker tenggorokan biasanya menyebabkan kesulitan dalam menelan makanan terutama yang keras atau padat.

6.Biasanya pertanda dari infeksi tumor di dalam tenggorokan adalah rasa nyeri saat menelan dan selalu menetap di dalam atau sekitar telinga, ini merupakan masalah serius yang segera perlu Anda obati.