Kanker Laring

DokterSehat.Com– Pada era masa kini, kanker laring merupakan sebuah penyakit yang sangat mengganggu penderitanya. Kanker laring sangat berbahaya bagi penderita karena hal ini memberikan dampak yang negatif untuk fungsi tenggorokan.Banyak yang belum memiliki  pemahaman dan pengetahuan mengenai kanker ini, banyak juga yang ingin mengenali gejalanya. Tetapi akan ada lebih baiknya jika mengetahui gejalanya agar dapat melakukan pencegahan sejak dini. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis dan gejalanya.

doktersehat-faringitis-tenggorokan-sakit

Tumor dapat tumbuh di rongga tenggorokan bagian manapun, umumnya kanker laring dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Pita suara bagian atas
  2. Pita suara bagian tengah
  3. Pita suara bagian bawah

Gejala kanker laring (kanker pita suara) antara lain sebagai berikut:

1. Suara serak, sakit tenggorokan, terasa ada benda asing dan nyeri pada saat menelan 
Gejala yang paling umum pada kanker laring dini adalah suara menjadi serak. Pada kehidupan sehari hari, penyebab suara serak tak dapat dijelaskan secara pasti, apabila gejala tersebut sudah muncul lebih dari tiga minggu dan tidak berangsur membaik juga, maka dianjurkan sebaiknya ke rumah sakit untuk dilakukan endoskopi oleh spesialis THT untuk perawatan medis tepat waktu.

Karena sebagian besar kanker laring yang klinis berasal dari pita suara, bahkan sangat kecil tumor pita suara juga dapat menyebabkan getaran pita suara yang menyebabkan pita suara menjadi serak. Rasa sakit pada tenggorokan saat menelan adalah gejala awal pasien kanker supraglottic (tenggorokan). Tim dokterpun tidak boleh salah dalam mengdiagnosa dan mengobati meskipun gejalanya belum sepenuhnya jelas. Selain itu, kanker glotis yang lambat perkembangannya juga memiliki rasa adanya benda asing di tenggorokan, atau rasa nyeri pada waktu menelan.

2. Rasa sakit di dalam telinga
Pada tahap tertentu dari kanker laring, dan ulserasi dan inflamasi parah di tenggorokan, dapat menyebabkan nyeri refleks pada saraf. Awal tumor pita suara umumnya tidak menghasilkan refleks nyeri. Refleks nyeri dalam lanjutan pasien kanker supraglottic. Gejala paling umum adalah rasa sakit telinga pada bagian dalam.

Baca Juga:  Melahirkan Saat Remaja Rentan Osteoporosis

3. Dahak yang memiliki bercak dara & kesulitan bernapas
Tumor dengan sejumlah besar neovaskularisasi abnormal pada pasien dengan kondisi batuk sering berujung lendir atau berdahak. Gejala utama pada pasien kanker supraglottic subglottic dan pasien kanker pita suara stadium menengah maupun stadium akhir. Ketika ukuran tumor menjadi besar dan mulai mengganas, umumnya dapat mengakibatkan rongga pernapasan tersumbat yang menjadikan pasien kesulitan bernapas.