Kanker Kulit – Bentuk Umum Kanker Pada Manusia

DokterSehat.Com – Kanker kulit adalah bentuk paling umum pada segala jenis kanker manusia. Diperkirakan bahwa lebih dari 1 juta kasus baru terjadi setiap tahun. Tingkat tahunan dari semua jenis kanker kulit meningkat setiap tahun mewakili perhatian publik yang terus berkembang. Juga telah diperkirakan bahwa hampir setengah dari semua orang yang hidup sampai usia 65 akan mengembangkan kanker kulit setidaknya sekali.

doktersehat-kulit-tangan-halus-kesehatan-skin-Eksim-Nummular-Dermatitis-Erisipeloid-Eritema-Nodosum-ichtyosis-lamellar-panu-impetigo-aquagenic-urticaria

Tanda peringatan yang paling umum pada kanker kulit adalah perubahan dalam penampilan kulit, seperti pertumbuhan baru atau luka yang tidak kunjung sembuh. kanker kulit merujuk pada tiga kondisi yang berbeda, setidaknya yang paling berbahaya yaitu karsinoma sel basal (atau sel karsinoma basal epithelioma), squamous cell carcinoma (tahap pertama yang disebut actinic keratosis, dan melanoma.
Bentuk umum kanker kulit

Dua bentuk paling umum kanker kulit karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa disebut sebagai kanker kulit non-melanoma. Melanoma umumnya bentuk kanker kulit paling serius karena cenderung menyebar (metastasis) ke seluruh tubuh dengan cepat. Kanker kulit juga dikenal sebagai neoplasia kulit.

Sel Basal karsinoma adalah bentuk paling umum kanker kulit dan menyumbang lebih dari 90% dari semua kanker kulit di Negara maju seperti Amerika Serikat. Kanker ini hampir tidak pernah menyebar (metastasis) ke bagian lain dari tubuh. Mereka bisa menyebabkan kerusakan dengan tumbuh dan menyerang jaringan di sekitarnya.

Sebuah karsinoma sel basal biasanya dimulai sebagai benjolan kecil berbentuk kubah dan sering tertutup oleh kecil, pembuluh darah superfisial disebut telangiectases. Tekstur seperti sebuah tempat mengkilap dan bening, kadang-kadang disebut sebagai “mutiara”. Untuk membuat diagnosa yang tepat, dokter biasanya menghapus semua atau bagian dari pertumbuhan dengan melakukan biopsi. Hal ini biasanya dengan melibatkan sampel dengan menyuntikkan anestesi lokal dan gesekan sepotong kecil kulit. Kulit yang akan dihapus kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk memeriksa sel-sel kanker.

Baca Juga:  Informasi Leukimia Kanker Darah

Menurunkan resiko kanker kulit
Menghindari paparan sinar matahari pada orang yang rentan adalah cara terbaik untuk menurunkan risiko semua jenis kanker kulit. surveilans individu rentan, baik pemeriksaan sendiri dan pemeriksaan fisik secara teratur pada dokter, juga merupakan ide yang baik bagi orang-orang berisiko tinggi. Orang yang telah memiliki segala bentuk kanker kulit harus memiliki pemeriksaan medis yang teratur.