Kanker Kelenjar Ludah

DokterSehat.Com – Kanker kelenjar ludah adalah salah satu penyakit yang cukup membahayakan kesehatan dan juga nyawa manusia. Hanya saja, penyakit ini masih kurang dikenal secara luas oleh masyarakat. Padahal, penderita kanker kelenjar ludah bisa sangat menderita dan mendapati kanker ini menggerogoti area mulut, tenggorokan, atau bahkan area leher. Biasanya, kanker kelenjar ludah terjadi di bagian kelenjar parotid di area depan telinga. Penyebab dari kanker kelenjar ludah sendiri masih menjadi perdebatan bagi kalangan medis karena masih belum benar-benar ditemukan mengapai sel kelenjar ludah bisa mengalami mutasi genetik dan menggandakan diri sehingga menyebabkan penyakit kanker.Sebagaimana pengobatan kanker pada umumnya, maka penderita kanker kelenjar ludah juga memerlukan kemoterapi, terapi radiasi, dan juga operasi untuk menyembuhkannya.

shutterstock_187088732 copy

Tanda-tanda dari penyakit kanker kelenjar ludah sendiri adalah adanya benjolan dan juga pembengkakan yang terjadi di sekitar leher, rahang, atau bahkan mulut. Pembengkakan ini bisa disertai dengan adanya rasa nyeri pada area kelenjar ludah yang biasanya berada di area belakang rahang. Disamping itu, otot-otot penggerak wajah juga semakin melemah sehingga wajah akan mengalami rasa kaku yang disertai dengan kesulitan membuka mulut dan juga kesulitan menelan makanan.

Banyak penderita kanker kelenjar ludah yang disebabkan oleh faktor usia yang semakin menua. Namun, para pekerja yang berada di lingkungan kerja yang berbahaya dan penuh dengan radiasi dan juga pada lingkungan yang tercemar berbagai zat layaknya nikel atau debu silika bisa beresiko mendapatkan penyakit ini. Hal ini berarti mereka yang bekerja di area-area layaknya pabrik kimia atau lingkungan yang penuh radiasi harus sering-sering memeriksakan kondisi kesehatannya sehingga jika terjadi gangguan yang beresiko menjadi penyakit berbahaya bisa segera ditangani dengan benar.

Baca Juga:  Ingin Menjaga Ketajaman Otak? Mulailah Rajin Menulis