Kanker Hati, Penyakit yang Merenggut Nyawa AM Fatwa

DokterSehat.Com– Andi Mappetahang Fatwa, anggota DPD RI yang lebih dikenal sebagai AM Fatwa, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 14 Desember 2017 pagi. AM Fatwa tutup usia di usia 78 tahun setelah sempat berjuang melawan penyakit kanker hati dan dirawat di Rumah Sakit MMC Jakarta.

Photo Credit: viva

Tak hanya menjadi anggota DPD, AM Fatwa dikenal sebagai ketua Partai Amanat Nasional (PAN) untuk periode 1998-2005. Beliau juga sempat menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI pada tahun 1999 dan kemudian dilanjutkan menjadi Wakil Ketua MPR RI 5 tahun kemudian.

Kanker hati adalah salah satu penyakit yang memang cenderung lebih sering menyerang kaum pria daripada wanita. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa kanker ini adalah yang terbanyak menyerang pria ketiga setelah kanker paru dan kanker lambung. Selain di Indonesia, kasus kanker hati juga banyak menyerang negara-negara lain di Asia Tenggara, China, Jepang, dan beberapa negara di Afrika. Di seluruh dunia, kanker ini menyerang 5,7 persen total populasi. Yang menjadi masalah adalah, 82 persen penderitanya berasal dari negara berkembang seperti Indonesia.

Salah satu jenis kanker hati yang paling sering muncul adalah hepatocellular carcinoma atau HCC. Kanker ini berkembang dari sel hati bernama hepatosit. Untuk mencegah datangnya penyakit ini, ada baiknya kita menjaga gaya hidup tetap sehat, khususnya dalam hal menjaga pola makan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang sehari-hari. Hindarilah minuman beralkohol karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan hati. Selain itu, tidurlah dengan waktu yang cukup setiap hari agar tubuh bisa melakukan pembuangan racun dengan baik sehingga menjaga kesehatan organ hati kita.