Kanker Hati – Definisi, Penyebab, dan Faktor Risiko

Kanker hati adalah kanker yang menyerang bagian organ hati. Hati terus menyaring darah yang bersirkulasi melalui tubuh, mengubah nutrisi dan obat-obatan diserap dari saluran pencernaan ke siap digunakan bahan kimia. Hati melakukan banyak fungsi penting lainnya, seperti memproses racun dan produk limbah kimia lainnya dari darah dan menyiapkan untuk ekskresi. Karena semua darah dalam tubuh melewati hati , hati tidak biasa diakses sel kanker perjalanan di aliran darah.

doktersehat-hati-atresia-bilia-kelainan-penyakit- saluran-empedu-hepatitis

Hati bisa terkena kanker hati primer, yang timbul memang dari dalam hati, atau kanker yang terbentuk di bagian lain dari tubuh dan kemudian menyebar ke hati yang disebut kanker hati sekunder atau metastasis. Sebagian besar kanker hati adalah sekunder atau metastasis, berarti mulai di tempat lain di tubuh. kanker hati primer, yang dimulai di hati, menyumbang sekitar 2% dari kanker di Amerika Serikat, tetapi mencapai 50% dari semua kanker di beberapa negara berkembang. Hal ini terutama karena prevalensi hepatitis, disebabkan oleh virus menular, merupakan predisposisi seseorang untuk kanker hati. Di Amerika Serikat, kanker hati primer menyerang dua kali lebih banyak laki-laki daripada perempuan, pada usia rata-rata 67 tahun.

Karena hati terdiri dari beberapa jenis sel, beberapa jenis tumor yang berbeda dapat terbentuk. Beberapa tumor merupakan tumor jinak (bukan kanker), dan beberapa tumor adalah ganas (kanker) dan dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh (metastasis). Tumor memiliki penyebab yang berbeda dan ditangani pula dengan cara yang berbeda. Prospek kesehatan atau pemulihan tergantung pada jenis tumor yang Anda miliki.

Apa Penyebab Kanker Hati?
Kanker hati primer (karsinoma hepatoseluler) cenderung terjadi pada hati yang rusak oleh karena cacat lahir, penyalahgunaan alkohol, atau infeksi kronis dengan penyakit seperti hepatitis B dan C, hemochromatosis (penyakit keturunan yang terkait dengan terlalu banyak zat besi dalam hati), dan sirosis. Lebih dari setengah dari semua orang yang didiagnosis dengan kanker hati primer memiliki sirosis – kondisi jaringan parut pada hati yang sering disebabkan oleh penyalahgunaan alkohol, meskipun dapat pula diakibatkan oleh yang lain. Hepatitis B dan C dan hemochromatosis dapat menyebabkan kerusakan permanen dan gagal hati. Kanker hati juga dapat dikaitkan dengan penyakit obesitas dan penyakit fatty liver (hati berlemak).

Baca Juga:  Galaktorea - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Berbagai zat penyebab kanker yang berhubungan dengan kanker hati primer, termasuk herbisida tertentu dan bahan kimia seperti vinil klorida dan arsen. Merokok, terutama jika Anda menyalahgunakan alkohol juga, juga meningkatkan risiko. Aflatoksin, zat penyebab kanker yang dibuat oleh sejenis jamur tanaman, juga telah terlibat. Aflatoksin dapat mencemari gandum, kacang, beras, jagung, dan kedelai. Ini adalah masalah langka di sebagian besar negara maju seperti Amerika dan Eropa lainnya, termasuk hormon androgen dan estrogen dan pewarna yang sebelumnya digunakan dalam tes medis yang disebut thorotrast.

Faktor risiko lain untuk kanker hati mungkin meliputi:

  • Jenis kelamin. Pria lebih mungkin untuk mendapatkan karsinoma hepatoseluler daripada wanita.
  • Berat badan. Obesitas dapat meningkatkan risiko karsinoma hepatoseluler.
  • Di Amerika Serikat, kanker hati yang paling umum terjadi pada keturunan Ras Amerika-Asia dan Kepulauan Pasifik.
  • Penggunaan steroid anabolik. Hormon pria yang disalahgunakan oleh atlet untuk meningkatkan massa otot sedikit dapat meningkatkan risiko kanker hati dengan penggunaan jangka panjang.
  • Riwayat diabetes. Penelitian telah menyatakan adanya hubungan antara diabetes dan kanker hati. Hal ini mungkin disebabkan oleh hubungan antara diabetes dan penyakit fatty liver (hati berlemak).
  • Penyakit metabolik yang diwariskan. Penyakit yang mengganggu metabolisme normal tubuh telah terbukti meningkatkan risiko kanker hati.
  • Penyakit langka. Penelitian telah menemukan hubungan antara kanker hati dan beberapa penyakit langka seperti alpha defisiensi -1-antitrypsin, tyrosinemia, dan penyakit Wilson.