Kanker Ginjal – Terapi dan Pencegahan

Terapi kanker ginjal adalah tahap selanjutnya apabila operasi tidak dapat mengambil kanker ginjal.

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Dokter mungkin menyarankan pilihan lain untuk membantu menghancurkan tumor, antara lain:

  • Cryotherapy menggunakan energi dingin yang ekstrim untuk membunuh tumor.
  • Ablasi radiofrekuensi menggunakan gelombang radio berenergi tinggi untuk “memasak” tumor.
  • Embolisasi arteri melibatkan sesuatu yang dimasukkan ke dalam arteri yang mengarah ke ginjal. Aliran darah yang menuju ke tumor akan diblok. Prosedur ini dapat dilakukan untuk membantu mengecilkan tumor sebelum operasi.

Terapi Biologis untuk Kanker Ginjal
Terapi ini menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker dengan meningkatkan, mengarahkan, atau memulihkan pertahanan alami tubuh Anda. Zat untuk terapi biologis yang dibuat oleh tubuh Anda atau di laboratorium. Contoh terapi biologis untuk kanker ginjal metastatik meliputi interferon alfa atau interleukin-2. Ada banyak imunoterapi baru yang diteliti untuk kanker ginjal.

Target Terapi untuk Kanker Ginjal
Terapi ini menggunakan obat atau zat lain untuk menemukan dan menargetkan sel-sel kanker dengan toksisitas yang kurang pada sel normal. Salah satu jenis terapi yang ditargetkan adalah agen anti-angiogenik. Hal ini akan mencegah pembuluh darah yang memberi nutrisi untuk tumor sehingga tumor akan mengecil atau berhenti tumbuh. Tipe lain dari agen ditargetkan dikenal sebagai inhibitor multikinase atau inhibitor tirosin kinase. Ini adalah obat yang diberikan dengan cara diminum untuk menghalangi jalur enzim yang memungkinkan sel-sel kanker untuk tumbuh. Jenis ketiga terapi bertarget dikenal sebagai inhibitor m-TOR. Ada dua obat ini tersedia, satu obat melalui mulut dan satu melalui intravena (jalur pembuluh darah vena, IV). Obat-obatan tersebut memblokir jalur yang memungkinkan pembuluh darah untuk membantu sel-sel tumor tumbuh. Setiap obat ini memiliki tempat yang unik dalam pengelolaan kanker ginjal stadium lanjut.

Baca Juga:  Infeksi Otak - Pengertian dan Ulasan Singkat

Terapi Radiasi untuk Kanker Ginjal
Sering digunakan untuk membantu kanker ginjal atau pada pasien yang tidak dapat menjalani operasi, pengobatan ini menggunakan sinar X energi tinggi atau jenis lain radiasi untuk membunuh sel-sel kanker atau menghentikan pertumbuhan mereka. terapi radiasi eksternal mengirimkan radiasi untuk kanker dari mesin di luar tubuh.

Kemoterapi untuk Kanker Ginjal
Terapi ini menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker atau menghentikan mereka dari mengalikan. Kurang efektif untuk kanker ginjal dibandingkan jenis lain dari kanker, kemoterapi banyak digunakan untuk jenis tertentu kanker ginjal di mana ada sel spindle (varian sarcomatoid).

Bagaimana Saya Dapat Mencegah Kanker Ginjal?
Karena dokter tidak tahu penyebab kanker ginjal, tidak jelas bagaimana mencegah penyakit. Namun, faktor-faktor tertentu yang berhubungan dengan kanker ginjal, sehingga Anda dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk menurunkan resiko, antara lain, berhenti merokok, menjaga berat badan yang sehat, mengelola tekanan darah Anda, dan menghindari terkena bahan kimia berbahaya.