Kanker Getah Bening Stadium 4

DokterSehat.Com – Kanker getah bening atau limfoma merupakan suatu kanker yang menyerang sistem pertahanan tubuh kita, dimana Kelenjar getah bening mempunyai fungsi sebagai alat pertahanan terhadap infeksi, sehingga jika kelenjar getah bening tersebut terinfeksi kanker maka akan menyebabkan ketidak stabilan terhadap tubuh kita.



Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan bertugas dalam membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker, cairan limfatik sendiri adalah cairan putih menyerupai susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang semuanya mengalir ke seluruh tubuh lewat pembuluh limfatik.

Berikut merupakan faktor penyebab terjadinya penyakit kanker getah bening :

  • Infeksi virus, yang dapat dengan mudah disembuhkan dengan antibiotik dan biasanya hanya berlangsung satu atau dua minggu
  • Kanker, yang hanya dapat dikonfirmasi oleh biopsi. Jika ada benjolan beberapa yang telah berkembang selama beberapa waktu, sangat penting untuk mendapatkan benjolan diperiksa oleh hematologi
  • Tuberkulosis, yang terdeteksi pada tahap awal dapat dengan mudah disembuhkan, dan yang akan memerlukan perawatan medis yang lebih khusus dan perawatan.

Tanda-tanda nyata lainnya adalah keringat dingin di malam hari, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan yang drastis dan kelesuan.

limfoma cukup rumit dan memiliki berbagai jenis dan subtipe limfoma tetapi umumnya dapat dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu Hodgkins dan Non-Hodgkin. Limfoma Hodgkins jauh lebih dapat disembuhkan dan prognosis sangat baik dibandingkan Limfoma Non-Hodgkin.

  • Stadium 1 Limfoma berada pada satu kelompok kelenjar getah bening.
  • Stadium 2 Limfoma berada pada dua atau lebih kelompok kelenjar getah bening, dan berada pada satu sisi diafragma (sekat antara rongga perut dan rongga dada).
  • Stadium 3 Ada lebih dari dua kelompok kelenjar getah bening yang berada pada dua sisi diafragma.
  • Stadium 4 Limfoma telah terjadi di organ tubuh lain seperti di paru-paru, perut atau di sumsum tulang.
Baca Juga:  Penderita Diabetes Sebaiknya Memilih Nasi Dingin

Jika kanker dalam tahap cukup maju seperti di stadium 3 dan 4, maka proses penyembuhan secara penuh Kemoterapi sangat diperlukan.

Setelah biopsi telah mengkonfirmasi bahwa tumor adalah kanker, CT scan biasanya dilakukan untuk tahap kanker. Pada limfoma, keran sumsum tulang biasanya dilakukan untuk memeriksa apakah sumsum tulang membawa kanker juga. CT scan juga dilakukan secara teratur selama Kemoterapi untuk menentukan kemanjuran pengobatan itu. Jika pengobatan saat ini tidak efektif, dokter akan beralih ke rejimen kemoterapi. Pada akhir perawatan, CT scan dan akhir PET scan dilakukan untuk mengkonfirmasi adanya sel-sel kanker. Pengobatan kemoterapi dapat berlangsung antara enam sampai delapan bulan dan satu bulan lebih untuk memulihkan diri dari efek Kemoterapi.