Kanker Darah

DokterSehat.Com – Kanker darah atau leukemia adalah suatu keganasan pada organ pembuat sel-sel darah dalam hal ini adalah sumsum tulang sehingga terjadi kegagalan dalam proses produksi sel-sel darah yang normal. Jumlah sel darah yang ada dan beredar dalam tubuh mungkin normal atau berlebihan namun bentuk dan kemampuannya tidak sama dengan sel darah yang normal.

doktersehat-leukimia-darah-kanker

Apa penyebabnya
Penyebab pasti dari kegagalan memproduksi sel darah yang normal ini belum diketahui dengan jelas namun diduga disebabkan oleh virus.

Faktor resiko
Beberapa faktor yang diduga berpengaruh antara lain fektor genetik, paparan sinar radioaktif dan infeksi virus yang mengenai sumsum tulang. Dari data statistik didapatkan 85% menyerang orang dewasa dan laki-aki lebih banyak terserang dibandingkan wanita.

Gejala klinis
Gejala klinis yang dapat terlihat pada pasien leukemia adalah rasa lelah, pucat, nafsu makan yang turun atau hilang, nyeri tulang dan sendi, pembesaran pada kelenjar, pembesaran pada hati atau limpa dan manifestasi dari perdarahan seperti bintik-bintik perdarahan atau mudahnya timbul lebam atau kebiruan pada kulit yang terkena benturan, mimisan dari hidung atau perdarahan dari gusi.

Pengobatan
Penderita dengan leukimia sebaiknya diobati secara teratur ke rumah sakit bagian penyakit dalam sub bagian hematologi. Apabila leukimia ini cepat terdeteksi dan dengan pengobatan modern dapat memperpanjang angka harapan hidup penderita. Apabila penderita sedemikian pucat hingga kadar hemoglobin dalam darah sangat rendah maka harus diberikan trasnfusi darah. Pengobatan yang diberikan dapat berupa obat-obatan yang bertujuan untuk memberantas sel-sel leukimia atau pada stadium yang sudah lanjut dapat juga dilakukan operasi penggantian sumsum tulang. Penderita harus dijaga sehingga tidak terkena infeksi yang lain karena kanker yang menyerang sel darah itu membuat pertahanan tubuh penderita menjadi rendah dan rentan untuk tekena infeksi

Baca Juga:  Vitiligo

Pencegahan
Berusaha untuk meminimalkan faktor resiko yang ada seperti paparan dari sinar radio aktif.

Sumber: Kapita Selekta Kedokteran Edisi III, Media Aesculapius, Jakarta, 2000