Kanker Bisa Disebabkan Oleh Hobi Mengkonsumsi Daging Olahan

DokterSehat.Com – Di zaman modern seperti sekarang ini, kita bisa mencoba beragam jenis makanan yang enak dan lezat dari berbagai bahan. Salah satu jenis bahan makanan yang memiliki perkembangan jenis yang sangat banyak adalah bahan daging. Daging tidak lagi hanya berupa daging segar yang bisa kita olah menjadi beberapa masakan. Kini, daging juga bisa dijadikan daging olahan yang membuatnya menjadi lebih menarik dan memiliki rasa yang sangat enak. Siapa sih yang akan menolak jika sudah dijamu dengan makanan olahan daging layaknya sosis, nugget, atau daging ham? Sayangnya, dibalik rasanya yang enak itu, daging olahan ternyata juga menyimpan bahaya yang disebut sebagai kanker.

doktersehat-nugget

Badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) baru-baru ini mengeluarkan sebuah hasil penelitian yangc cukup mengejutkan jika mereka yang rutin mengkonsumsi daging olahan ternyata memiliki resiko terkena penyakit kanker cukup besar. Sudah cukup lama sebenarnya banyak pakar kesehatan yang mencurigai adanya kontribusi besar dari konsumsi daging olahan dan daging merah terhadap resiko terkena kanker pada area perut dan usus besar. Namun, hasil penelitian ini ternyata mempertegas kebenaran dari korelasi tersebut dan membuat banyak pakar kesehatan yang akhirnya tidak merekomendasikan makanan daging olahan untuk dikonsumsi agar resiko terkena penyakit kanker pun bisa ditekan.

Memang, dengan tidak mengkonsumsi daging olahan tidak serta merta akan membuat kita akan terbebas dari resiko terkena kanker. Namun, dengan tidak terlalu sering mengkonsumsi daging olahan maka kita pun bisa mencegah penyakit mematikan ini. Kanker sendiri adalah penyakit yang bisa menyebabkan sel-sel pada jaringan tubuh untuk tumbuh dengan tidak normal dan bisa menyebar ke banyak bagian tubuh. Organ dan sistem pada tubuh yang sudah terkena kanker bisa tidak bekerja dengan normal sehingga bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga:  Brokoli Dapat Menghindarkan Asma

Banyak daging olahan yang diproduksi dengan memakai bahan kimia yang jika dikonsumsi oleh tubuh ternyata memberikan efek kesehatan yang buruk. Selain itu, banyak daging olahan yang juga diproduksi dengan tidak steril dan memakai bahan daging yang berkualitas buruk. Tidak ada salahnya mengkonsumsi daging olahan sebagai selingan makanan. Hanya saja, ada baiknya kita mengurangi frekuensi konsumsi daging olahan demi kondisi tubuh yang jauh lebih baik.