Kanker Apa Sajakah yang Paling Menyakitkan Bagi Penderitanya?

DokterSehat.Com– Salah satu keluhan yang dialami oleh penderita kanker adalah rasa nyeri yang luar biasa. Rasa nyeri ini sendiri bisa muncul dari bagian tubuh yang terkena serangan sel kanker atau jaringan yang ada di sekitar bagian yang terkena kanker tersebut. Sebagai informasi, tumor yang terus-menerus membesar bisa memberikan tekanan luar biasa pada tulang, saraf, atau beberapa organ tubuh. Tak hanya itu, senyawa kimia yang dilepaskan oleh sel kanker juga bisa memicu rasa nyeri tersebut. Sebenarnya, kanker apa sajakah yang paling memberikan rasa nyeri bagi penderitanya?

doktersehat-kanker-orak-tumor-jinak

Kanker perut
Salah satu jenis kanker yang jarang memberikan gejala dan seringkali baru terungkap setelah sudah menyebar ke banyak organ dan berada dalam stadium lanjut ini ternyata bisa menyebabkan rasa nyeri paling menyakitkan. Tak hanya itu, kanker ini bisa membuat berat badan menurun drastis dan sensasi panas pada dada. Agar rasa nyeri ini tidak semakin menyakitkan atau menyebar hingga ke bagian usus, ada baiknya penderita kanker segera melakukan operasi.

Kanker pankreas
Kanker ini juga seringkali baru terungkap saat sudah mencapai stadium lanjut karena tidak menimbulkan gejala awal. Kanker pankreas ini bisa menyebar ke organ-organ lain, khususnya tulang atau kelenjar limpa. Bagian tulang yang dekat pada prostat layaknya panggul, paha, hingga punggung bawah, biasanya akan merasakan nyeri yang sangat menusuk-nusuk sehingga penderitanya akan kesulitan untuk berjalan. Selain itu, penderita kanker pankreas juga bisa mengalami kesemutan di sekujur tubuhnya.

Kanker payudara
Penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum hawa ini bisa memberikan rasa nyeri luar biasa jika sudah mencapai stadium lanjut atau saat kanker sudah menyebar pada sistem saraf.

Baca Juga:  Pengertian HIV dan AIDS

Kanker otak
Tumor pada otak bisa menekan pembuluh darah atau saraf di sekitar otak sehingga akan memicu rasa sakit yang luar biasa layaknya sakit kepala yang sangat berat dan ditusuk-tusuk. Biasanya, dokter akan memberikan obat-obatan layaknya morfin untuk mengatasi rasa sakit pada penderita kanker jenis ini.