Kanker Amandel

DokterSehat.com – Kanker tonsil merupakan keganasan yang menyerang amandel atau tonsil. Penyakit ini lebih sering dialami oleh pria yang memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.



Penyebab

Amandel pada dasarnya berfungsi sebagai penyaring bakteri dan virus yang masuk melalui hidung dan mulut kemudian menyelimuti organisme berbahaya tersebut dengan sel-sel darah putih. Infeksi ringan yang terjadi pada amandel bisa menyebabkan sisitem daya tahan tubuh membentuk antibodi terhadap infeksi. Sayangnya, terkadang amandel sudah tidak sanggup lagi menahan infeksi bakteri atau virus sehingga memicu munculnya tonsilitis. Bakteri penyebab tonsilitis akut lainnya meliputi Stafilokokus Sp., Pneumokokus, dan Hemofilus influenzae. Hemofilus influenzae menyebabkan tonsilitis akut supuratif.

Gejala

Kanker tonsil biasanya ditandai dengan gejala awal munculnya nyeri di bagian tenggorokan. Rasa nyeri akan menjalar ke telinga pada sisi yang sama dengan amandel yang terkena.

Kadang benjolan di leher yang disebabkan penyebaran kanker hingga ke kelenjar getah bening bisa muncul sebelum timbul gejala yang lainnya. Berikut ini gejala yang menunjukkan adanya kanker tonsil:

  • Nyeri saat menelan
  • Tenggorokan terasa kering dan terasa mengganjal di leher
  • Demam, lemas, menggigil, sakit kepala, dan nyeri otot
  • Suara serak, batuk, pilek, bau mulut, nyeri perut, mual, dan pembesaran kelenjar limfe di sekitar leher
  • Penderita biasanya juga akan mendengkur saat tidur
  • Tonsil membesar, berwarna merah, dan terkadang muncul bercak putih.

Diagnosa

Diagnosa akan ditegakkan dengan melakukan biopsi terhadap jaringan amandel. Penyakit ini juga dipengaruhi oleh rokok dan alkohol jadi kemungkinan bisa berkaitan dengan kanker yang lainnya. Karena itu dilakukan pula pemeriksaan laringoskopi, bronkoskopi, dan esofagoskopi.

Pengobatan

Pengobatan kanker tonsil bisa dengan terapi penyinaran dan pembedahan. Pembedahan dilakukan untuk mengangkat kelenjar getah bening leher, tumor, dan sebagian rahang.

Baca Juga:  Apa Penyebab Telinga Sering Nyeri?