Kangkung, Sayuran Sehat Pencegah Kanker

DokterSehat.Com – Kangkung dikenal luas sebagai salah satu sayuran yang cukup digemari oleh masyarakat tanah air. Sayuran yang memiliki harga cukup murah ini memang bisa memberikan kenikmatan luar biasa saat dijadikan laut. Dibalik kenikmatan dari sayuran hijau ini, kangkung ternyata menyimpan banyak sekali kebaikan bagi kesehatan tubuh kita. Sebagai contoh, pakar kesehatan menyebutkan jika konsumsi kangkung ternyata mampu membuat tubuh kita lebih baik dalam mencegah penyakit kanker.

doktersehat-pria-makanan-bergizi-sehat-sayur-buah-bahagia-diet-sindrom-metabolik

Pakar gizi menyebutkan jika kangkung ternyata kaya akan kandungan kalsium, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan juga riboflavin. Kangkung juga memiliki kandungan yang disebut sebagai karotenoid, kandungan pigmen tumbuhan yang akan berubah menjadi vitamin A saat memasuki sistem pencernaan. Karotenoid ternyata termasuk dalam antioksidan yang sangat kuat dan memiliki sifat anti kanker. Andai kita mengkonsumsi kangkung secara rutin, maka kita tentu akan mendapatkan asupan karotenoid yang cukup sehingga tubuh akan jauh lebih baik dalam melawan berbagai radikal bebas yang bisa saja memicu berkembangnya sel kanker.

Selain memiliki manfaat berupa mencegah munculnya penyakit kanker, konsumsi kangkung secara rutin diyakini juga akan mampu membuat tubuh kita melawan berbagai penyakit berbahaya. Sebagai contoh, kita bisa mencegah masalah tekanan darah tinggi yang bisa memicu penyakit jantung yang mematikan. Selain itu, kita juga akan lebih baik dalam mencegah penyakit diabetes. Bahkan, kangkung ternyata memiliki kandungan yang disebut sebagai lutein yang diyakini akan membantu tubuh menjaga kesehatan mata sehingga kita pun akan menurunkan resiko terkena katarak.

Kebaikan lain dari kangkung yang bisa kita dapatkan andai rutin mengkonsumsinya adalah dalam hal membuat sistem pencernaan kita menjadi lebih sehat. Kangkung ternyata bersifat anti mikroba dan juga anti ulcerogenik sehingga kita pun akan terbebas dari masalah pencernaan pada tukak lambung.